Ottawa (ANTARA News) - Perdana menteri Kanada Rabu mengumumkan bantuan kemanusiaan sebesar lima juta dolar Kanada kepada Libya.

"Pemerintah Kanada akan segera merespon munculnya krisis kemanusiaan di Libya dengan bantuan kemanusiaan untuk perawatan medis, makanan dan tempat tinggal senilai lima juta dolar Kanada," kata Perdana Menteri Stephen Harper di parlemen, demikian AFP melaporkan.

Dia juga memperbarui seruan bagi pemimpin Libya Muamar Gaddafi untuk mundur dan pihak berwenang Libya agar segera "mengakhiri kekerasan mereka."

Sebelumnya, Ottawa telah memberangkatkan kapal perang HMCS Charlottetown dari pelabuhan Halifax di Kanada timur Rabu untuk bergabung dengan armada pimpinan Amerika Serikat di lepas pantai Libya.

Pergat patroli setinggi 134 meter yang membawa 225 tentara dan helikopter Sea King di dek kapal itu diperkirakan akan bertemu secepatnya pekan depan dengan kapal perang AS USS Kearsarge, kapal perang amphibi yang disertai oleh dua kapal lainnya.

Perdana Menteri Stephen Harper telah memerintahkan kapal itu ke Laut Tengah, dan mengatakan pada parlemen mereka akan mengambil bagian dalam operasi evakuasi internasional "mengingat kesulitan dan mungkin kekhawatiran terus-menerus di kawasan itu".

Kanada juga telah mengirim tim mata-mata militer dengan 13 anggota dan medis ke Malta bersama dengan jet pengangkut barang C-130J serta dua pesawat angkut jumbo C-17 untuk membantu evakuasi warga asing dari Libya, dan untuk membantu kemungkinan upaya bantuan kemanusiaan pada masa depan.
 (AK/K004)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2011