Los Angeles (ANTARA News) - Presiden AS Barack Obama akan menganugerahkan medali kehormatan tertinggi kepada 20 tokoh-tokoh Amerika yang telah berjasa dalam bidang seni dan kemanusiaan.

Peraih Oscar Meryl Streep, produser musik Quincy Jones, penyanyi dan penulis lagu James Taylor, pengarang To Kill a Mockingbird Harper Lee dan juara National Book Award Joyce Carol Oates termasuk dari 20 tokoh yang akan menerima National Humanities Medal and National Medal of Arts dari Gedung Putih, sebagaimana dikutip dari Hollywood Reporter.

Presiden Obama sendiri yang akan menyerahkan langsung medali tersebut pada Rabu di Ruang Timur, Gedung Putih. Michelle Obama juga turut hadir. Medali itu merupakan penghargaan tertinggi pemerintah AS kepada sarjana dan seniman.

Sebagai artis tambahan yang akan mendapatkan medali tersebut yaitu pengarang drama Robert Brustein, penyair Donald Hall,  pemain piano Van Cliburn, penulis biografi Arnold Rampersad, ahli sejarah budaya Jacques Barzun dan penulis novel Wendell E. Berry.

Berikut daftar ke-20 tokoh tesebut:

Medali Nasional Seni 2010 : Robert Brustein, Van Cliburn, Mark di Suvero, Donald Hall, Jacob's Pillow Dance Festival, Quincy Jones, Harper Lee, Sonny Rollins, Meryl Streep dan James Taylor.

Medali Nasional Kemanusiaan 2010 : Daniel Aaron, Bernard Bailyn, Jacques Barzun, Wendell E. Berry, Roberto Gonzalez Echevarria, Stanley Nider Katz, Joyce Carol Oates, Arnold Rampersad, Philip Roth dan Gordon Wood.
(*)

Pewarta: Adam Rizallulhaq
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2011