Singapura (ANTARA News/AFP) - Pengguna situs perbankan online (internet banking) di Asia Tenggara meningkat tajam pada tahun lalu, karena lembaga tumbuh lebih memahami internet dan pelanggan menggunakannya untuk membayar tagihan mereka di web, penelitian menunjukkan Rabu.

Sebuah survei yang dilakukan oleh comScore menemukan jumlah pengunjung ke situs web bank secara online naik dua digit selama 12 bulan mulai Januari 2010 di enam negara yang mereka survei, termasuk kenaikan 72 persen di Indonesia.

Malaysia memiliki jumlah pelanggan terbesar internet banking, dengan 2,7 juta pada Januari 2011, menurut penelitian yang dilakukan di Malaysia, Indonesia, Vietnam, Filipina, Hong Kong dan Singapura.

"Indonesia, Vietnam dan Filipina telah meningkat dengan persentase tertinggi tahun-ke-tahun karena bank-bank sekarang semakin baik dalam menyediakan jasa online ini," kata Joe Nguyen, wakil presiden untuk comScore Asia Tenggara.

Malaysia melihat pertumbuhan 16 persen tahun-ke-tahun dari 2,4 juta, sedangkan Hong Kong di tempat kedua dalam hal jumlah pengguna, dengan 1,3 juta pada Januari 2010 meningkat menjadi 1,5 juta setahun kemudian - meningkat 18 persen.

Berikutnya adalah Singapura dengan 779.000 pengunjung khusus pada Januari 2010 naik menjadi 889.000 setahun kemudian, naik 14 persen.

Negara-negara di mana pasar kurang berkembang melihat lompatan persentase terbesar, dengan pengguna online banking Indonesia meningkat dari 435.000 pada Januari 2010 menjadi 749.000 setahun kemudian, dan mereka di Filipina naik 39 persen dari 377.000 menjadi 525.000 selama periode yang sama.

Pengguna di Vietnam naik 35 persen dari 701.000 menjadi 949.000.

Meskipun angka pertumbuhan bintang, Nguyen mengatakan perbankan online memiliki banyak ruang untuk tumbuh di Indonesia, Vietnam dan Filipina.

"Ketiga pasar itu masih memiliki pengguna relatif rendah dibandingkan dengan populasi mereka," katanya.

"Kami telah melihat perbankan online benar-benar tinggal landas ketika pengguna dapat mulai membayar untuk utilitas mereka, tagihan telepon mereka dan semua hal ... sehingga perbedaan antara tiga pasar atas dan tiga pasar terbawah mungkin memberikan kontribusi (kepada) dengan ini," tambah Nguyen.

"Jadi kita berharap ini tumbuh karena layanan tersebut ikut bermain di Vietnam, Filipina dan Indonesia."

Bank dengan kehadiran merek lokal yang kuat cenderung menjadi tujuan yang paling populer, comScore menemukan, dengan Maybank Group datang teratas di Malaysia, Vietcombank di Vietnam dan DBS di Singapura.

Bank global HSBC dan Citigroup juga menonjol dalam tujuan teratas, survei mengatakan.(*)

(A026/S006)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2011