Jumat, 22 Agustus 2014

STEKPI Menjadi Universitas Trilogi

Jumat, 11 Maret 2011 21:32 WIB | 8.959 Views
Jakarta (ANTARA News) - Sekolah Tinggi Ekonomi Keuangan dan Perbankan Indonesia (STEKPI) Jakarta berganti nama menjadi Universitas Trilogi yang peluncuran diresmikan Pembina Yayasan Pengembangan Pendidikan Indonesia Jakarta (YPPIJ) Prof Dr Haryono Suyono, Jumat.

Peluncuran Universitas Trilogi yang kampusnya terletak di kawasan Kalibata Jakarta Selatan itu juga dihadiri Ketua STEKPI Budi Permadi Iskandar, MSc dan Ketua YPPIJ Dr (HC) Subiakto Tjakrawerdaya.

Prof Haryono Suyono dalam sambutannya mengatakan, pengembangan menjadi Universitas Trilogi yang berbasis "teknopreneur" yang inovatif itu diharapkan menjadi universitas terkemuka di Indonesia pada 2020.

"Universitas ini memiliki tiga ciri utama yaitu menghasilkan kewirausahaan yang bersemangat kolaborasi serta menampilkan kemandirian yang tinggi. Karena itu, semua pengurus YPPIJ sepakat memberi nama Universitas Trilogi yang peluncuraan bertepatan HUT ke-45 Surat Perintah Sebelas Maret (Supersemar)," katanya.

Mantan Menko Kesra dan Taskin itu menjelaskan, program studi yang sudah ada yaitu Manajemen dan Akuntansi terus dikembangkan yang akan menjadi bagian dari program studi yang akan dikaitkan dengan program studi lainnya.

Kaitan itu akan membentuk jejaring dengan program studi Bio-industri yang bergerak di bidang Agro Eko Teknologi, Industri dan Teknologi Pangan serta Agribisnis. Untuk mendukung program studi itu dikembangkan Program Studi Telematika, Informatika, serta Sistem Komputer IT yang dibutuhkan dunia modern.

"Untuk membawa hasil produk kepada masyarakat luas akan dikembangkan pula program studi industri kreatif yang mampu menghasilkan lulusan dengan kemampuan Desain Produk serta Desain Komunikasi Visual untuk menjual gagasan yang menguntungkan rakyat," katanya.

Pendirian Universitas Teknopreneur Trilogi itu dilakukan bekerjasama dengan ITB Bandung dan IPB Bogor, serta akan dikembangkan kerjasama dengan perguruan tinggi lainnya, seperti Universitas Negeri Jakarta (UNJ) dan Universitas Negeri Semarang (Unnes). 

Sementara itu, untuk tahun 2011 Universitas Trilogi akan membuka Fakultas Bio-industri dengan bekerjsama Taman Buah Mekar Sari. Kolaborasi tersebut diharapkan menghasilkan petani modern dalam bidang Agro-ekoteknologi, ilmu dan teknologi pangan, agribisnis.

Mahasiswa bukan hanya belajar dalam bidangnya, tetapi juga belajar menjadi wirausaha yang mampu bekerjasama dengan berbagai pihak. Selanjutnya, Universitas itu akan membuka program studi Fakultas Telematika yang akan menghasilkan berbagai peralatan pendukung bagi proses pertanian dan pascapanen.

Keputusan untuk mengubah STEKPI menjadi Universitas Trilogi didasarkan pada semangat untuk meningkatkan ketahanan pangan dan energi. Hal ini harus dijalankan dengan membangun kemampuan pertanian dengan mendidik petani baru yang dapat meningkatkan nilai tambah lahan.(*)
(R009/K004)

Editor: Ruslan Burhani

COPYRIGHT © 2011

Komentar Pembaca
Baca Juga