Jakarta (ANTARA News) - Pemerintah Indonesia siap memberikan bantuan kemanusiaan bagi korban gempa bumi dan tsunami di Jepang.

"Presiden beberapa waktu lalu telah meminta Menteri Luar Negeri Marty Natalegawa untuk berkomunikasi dengan pihak Pemerintah Jepang untuk menyatakan kesiapan Pemerintah Indonesia dalam memberikan bantuan," kata Juru Bicara Presiden Julian A Pasha dalam pesan singkatnya kepada ANTARA di Jakarta, Sabtu.

Presiden, lanjut dia, menyatakan bahwa pemerintah dan rakyat Indonesia turut berduka atas gempa bumi yang terjadi di Jepang.

Sementara itu berkaitan dengan gempa bumi dan tsunami yang melanda Jepang pada Jumat (11/3), Kementerian Luar Negeri RI pada Sabtu (12/3) malam mengirim tim pendukung guna membantu KBRI Tokyo.

Tim tersebut terdiri atas lima pejabat Kemlu yang bertugas membantu KBRI Tokyo dalam penangangan perlindungan WNI di wilayah-wilayah yang terkena dampak bencana, khususnya wilayah Miyagi dan Iwate yang cukup parah.

Pascabencana, KBRI Tokyo mengirim tim untuk membuka posko sementara di Sendai sekitar Miyagi dan Iwate untuk memberikan bantuan bagi WNI yang berada di daerah tersebut.(*)

(L.G003*D013/N002)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2011