Padang (ANTARA News) - Lembaga kemanusian Dompet Dhuafa (DD) membantu proses evakuasi 110 warga negara Indonesia (WNI) yang berada di Yamagata menuju ibukota Jepang, Tokyo, untuk mendapatkan pertolongan yang diperlukan.

"Tim kemanusian DD telah sampai di Yamagata, Minggu (13/3) dan langsung membantu proses evakuasi WNI yang ada di daerah tersebut menuju Tokyo," kata Pimpinan Cabang Dompet Dhuafa Singgalang, Sumatera Barat, Musfi Yendra yang memperoleh informasi melalui surat elektronik di Padang Senin.

Dikatakannya, Yamagata merupakan salah satu daerah terparah yang terkena dampak musibah gempa dan tsunami tersebut.

"Beberapa bantuan dalam bentuk makanan, susu, genset dan bahan bakar telah dibagikan kepada korban bencana di daerah tersebut," lanjut dia.

Dikatakan, Tim kemanusiaan Dompet Dhuafa yang turun ke Jepang beranggotakan empat dan dipimpin oleh Prima Hadi Putra, putra kelahiran Padang, Sumatera Barat.

Tim sudah berada pada hari pertama gempa dan tsunami terjadi di Negeri Sakura tersebut dan langsung membantu proses evakuasi WNI.

"Menurut rencana hari ini tim Dompet Dhuafa juga akan melakukan penandatanganan kerjasama penyaluran bantuan dengan Gubernur Miyagi, " lanjut dia.

Di Jepang Dompet Dhuafa juga memiliki cabang, termasuk juga di Hongkong.

Bagi masyarakat Sumatera Barat yang ingin menyalurkan bantuannya untuk korban gempa dan tsunami Jepang, Dompet Dhuafa Singgalang melakukan program penggalangan bantuan, dapat disalurkan ke Bank Mandiri: 111.000.500.5000 a/n Dompet Dhuafa Singgalang.

(ANTARA/S026)

Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2011