"Pak SBY bilang, Pak Ical, Golkar tetap dalam koalisi."
Jakarta (ANTARA News) - "Silakan mereka meminta dan mendesak, tapi hanya Ketua Setgab Susilo Bambang Yudhoyono yang bisa mengganti Pak Ical," demikian komentar Theo Sambuaga di Jakarta, Rabu.

Wakil Ketua Umum Partai Golongan Karya (Golkar) itu tidak mau menanggapi serius desakan pergantian Aburizal Bakrie (Ical) selaku Ketua Harian Sekretariat Gabungan (Setgab) Partai Koalisi yang dikemukakan sejumlah pengurus partai.

Desakan agar Aburizal Bakrie dari jabatan Ketua Harian Setgab pertama kali diwacanakan Wakil Sekjen Partai Demokrat, Saan Mustafa, dan diamini Wakil Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Chozin Chumaedy.

Menurut Theo, duduknya Ical sebagai Ketua Harian Setgab merupakan kesepakatan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dengan Ical. Golkar sama sekali tidak meminta-minta posisi itu.

"Pak Ical menerima jabatan itu untuk kepentingan bangsa, yaitu bagaimana penguatan kinerja koalisi. Golkar kerja baik sajalah," katanya.

Desakan agar Ical diusir dari Ketua Harian Setgab, menurut dia, bukanlah isu besar bagi Golkar. "Silahkan saja mendesak atau meminta. Tapi, SBY dan Ical sendiri tidak ada masalah. Kedua negarawan itu rukun-rukun aja," katanya.

Bahkan, ia mengemukakan, ketika SBY dan Ical bertemu saat isu perombakan (reshuffle) sedang ramai-ramainya mereka berdua secara terbuka melakukan "cipika-cipiki" (cium pipi kanan dan cium pipi kiri).

"Pak SBY bilang, Pak Ical, Golkar tetap dalam koalisi," katanya.

Oleh karena itu, Theo sangat yakin kalau SBY tidak akan mengganti Ical sebagai Ketua Harian Setgab Partai Koalisi.

Theo mengatakan, kalaupun ada perbedaan antara Partai Golkar dan Partai Demokrat, bukan pada masalah yang prinsip dan strategis, tapi pada soal taktis operasional. Soal strategis, misalnya Partai Golkar akan mengamankan kepresidenan SBY sampai 2014.

"Itu garis api yang tidak boleh dilanggar partai koalisi," kata Theo.

Soal taktis operasional, katanya, seperti ambang batas parlemen bukan haram kalau terdapat perbedaan. Oleh karena itu, Theo sangat yakin kalau SBY dan Ical tidak ada masalah, karena tidak ada alasan kuat bagi SBY untuk mengganti Ketua Harian Setgab Partai Koalisi. (*)

Editor: Priyambodo RH
Copyright © ANTARA 2011