Palembang (ANTARA News) - Menteri Koordinator (Menko) Perekonomian, Hatta Rajasa, mengatakan bahwa Tanjung Api-api, Kabupaten Banyuasin Sumatera Selatan, akan menjadi kawasan ekonomi khusus karena dilokasi tersebut akan dibangun berbagai industri dan pelabuhan samudera.

Kawasan Tanjung Api api menjadi areal ekonomi khusus itu sudah dibahas dan ditetapkan Badan Perencanaan dan Pembangunan Nasional (Bappenas), kata Hatta Rajasa, yang juga Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN), di Palembang, Sabtu.

Hatta Rajasa hadir di Palembang sehubungan melantik pengurus Dewan Pimpinan Wilayah (DPW PAN) Sumsel periode 2010-2015.

Dia mengatakan, dikawasan tersebut juga akan dibangun rel kereta api untuk mengangkut batubara yag ada di Kabupaten menghasil seperti Lahat dan Tanjung Enim, Kabupaten Muara Enim. Tanjung Api-api akan menjadi kawasan tersendiri dan dilokasi itu juga dibangun pelabuhan samudera.

Proyek besar itu harus didukung bersamna sehingga perekonomian rakyat khususnya Sumsel semakin meningkat, katanya.

Menurut dia, pemerintah pusat dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat juga membangun sejumlah pusat pertumbuhan ekonomi di setiap kabupaten dan kota , sehingga nantinya akan semakin maju.

Dalam mendukung pusat pertumbuhan ekonomi itu, menurut dia, akan diberdayakan program kewirausahaan sehingga nantinya masyarakat menjadi mandiri, kata dia lagi.

Dengan adanya pelaksanaan pembangunan tersebut diharapkan pertumbuhan ekonomi masyarakat akan semakin maju terutama Sumsel, demikian Hatta Rajasa.
(T.U005/P003)