Medan (ANTARA News) - Pekan Raya Sumatera Utara ke-40 yang digelar di Medan mulai 18 Maret hingga 17 April 2011 selain diisi dengan kegiatan pameran hasil-hasil pembangunan dan beragam produk andalan dari berbagai daerah, juga disemarakkan dengan sejumlah festival seni.

"PRSU (Pekan Raya Sumatera Utara) tahun ini juga disemarakkan dengan sejumlah festival seni budaya dan lomba bintang," kata Sekretaris Yayasan PRSU, Armansyah Tanjung di Medan, Minggu.

Festival dan lomba yang digelar di arena PRSU 2011, antara lain lomba bintang budaya PRSU 2011, PRSU Got?s Talent, tran Modelling, tari Kreasi daerah, lomba mewarnai, otomotif kontes dan festival band.

Penyelenggaraan festival dan lomba seni yang digelar PRSU bekerjasama dengan perusahaan event organizer Trans Kreasindo Production cukup banyak diminati oleh peserta.

Festival tersebut digelar di sejumlah panggung di arena PRSU, antara lain panggung utama, panggung terbuka dan panggung Kinaya Food.

Di masing-masing panggung hiburan itu akan ditampilkan berbagai atraksi budaya dari berbagai etnis di Sumatera Utara yang disajikan oleh 33 kabupaten/kota.

Selain itu, para pengunjung juga akan dihibur oleh penampilan seni dan budaya dari Pulau Penang, Malaysia.

Di pangung mini Kinaya Food, misalnya, digelar festival lagu yang khusus diikuti peserta dari kalangan anak-anak dan remaja.

Babak penyisihan event seni yang digelar di pojok pusat jajanan zona sponsor itu diikuti puluhan peserta dan mulai berlangsung 19 Maret.

Dia merasa optimistis PRSU 2011 yang diresmikan Menteri Kelautan dan Perikanan, Fadel Muhammad akan berlangsung lebih meriah dibanding tahun-tahun sebelumnya.

Pihak Yayasan PRSU bekerjasama dengan beberapa sponsor utama akan menampilkan group band dari ibukota Jakarta, antara lain Armada,, Drive, D? Bagindas, Goliath, Zivilia dan Vierra.

Armansyah menambahkan, panitia penyelenggara dan para sponsor PRSU 2011 sengaja mengemas event promosi dan hiburan tahunan tersebut dengan beragam atraksi seni dan budaya agar menjadi lebih baik lagi dari sisi kualitas dan kuantitas.

Kesemuanya itu bertujuan agar PRSU mampu menjadi salah satu wahana bagi masyarakat untuk memperoleh beragam informasi mengenai program dan kinerja pembangunan di Sumut serta menjadi lokasi rekreasi keluarga yang bersifat edukatif.

"Kami memperkirakan jumlah pengunjung yang memadati PRSU 2011 bakal meningkat tajam jika dibandingkan dengan tahun 2010 sebanyak 111 ribu orang lebih," ujarnya. (JRD/K004)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2011