Tokyo (ANTARA News/AFP) - Material radioaktif melebihi batas yang sah menurut ketentuan telah dideteksi dalam brokoli dan susu mentah di wilayah dekat dengan sebuah pembangkit listrik tenaga nuklir Jepang yang dilanda gempa dan tsunami, menurut laporan Rabu pagi.

Susu yang tercemar terdapat di prefektur Ibaraki dan brokoli di Fukushima, tempat pembangkit yang sedang bermasalah, kata Kyodo News, yang tidak memberikan perincian.

Laporan itu tiba di tengah kekhawatiran yang meningkat di Jepang dan di tempat lainnya mengenai keamanan makanan dari negara tersebut setelah sistem pendinginan rusak di PLTN Fukushima No.1 akibat gempa dan tsunami.

Prancis telah mendesak Komisi Eropa untuk menerapkan "pengawasan sistematis" terhadap impor produk segar dari Jepang ke Uni Eropa (EU), di tengah kekhawatiran akan kontaminasi nuklir, kata Kementerian Pertanian di Paris, Selasa.

Susu terkontaminasi sebelumnya juga telah ditemukan di Fukushima, sementara bayam tercemar (zat radio aktif) ditemukan sebelumnya di tetangganya Ibaraki.(*)

(Uu.S008/C/M016)

(Uu.SYS/C/S008/C/M016) 23-03-2011 06:41:08

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2011