Jakarta (ANTARA News) - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono melalui Menteri Kebudayaan dan Pariwisata Jero Wacik memberikan anugerah Satyalancana Kebudayaan 2010 kepada delapan orang budayawan dan seniman yang berjasa dalam mengembangkan dan melestarikan budaya.

"Ini merupakan anugerah tertinggi di bidang kebudayaan yang diberikan oleh Presiden," kata Menbudpar Jero Wacik pada acara pemberian anugerah Satyalancana Kebudayaan 2010 di Jakarta, Rabu.

Acara tersebut diselenggarakan berbarengan dengan peringatan Hari Musik Indonesia 2011 di Gedung Kesenian Jakarta.

Menbudpar juga menyebutkan delapan orang yang mendapatkan anugerah Satyalancana Kebudayaan 2010 adalah budayawan dan penyair Darmanto Jatman, Komponis Almarhum Koestanto Koeswoyo, Koreografer dan Penari Topeng Losari Almarhum Dewi.

Selain itu penulis buku adat Siti Maryam R Salahuddin, Sejarawan Teater Jakob Sumardjo, komponis dan penyanyi Iwan Fals, budayawan dan penyair Emha Ainun Najib, budayawan dan komponis Abd Hadi.

Selain memberikan anugerah Satyalanca Kebudayaan 2010, Menbudpar juga memberikan penghargaan kepada tiga orang penerima anugerah kebudayaan 2011 untuk kategori hadiah seni.

Menbudpar menyebutkan penerima hadiah seni antara lain komponis dan pencipta lagu Almarhum Elfa Secioria Hasbullah, penyanyi keroncong Sundari Soekotjo dan pencipta lagu Wedhasmara.

Menbudpar mengatakan pemberian anugerah merupakan bentuk apresiasi dari pemerintah kepada budayawan dan seniman.

"Ini merupakan apresiasi dari pemerintah kepada para budayawan dan seniman," katanya.

Sementara itu hadir dalam acara penyematan anugerah, Menko Kesra Agung Laksono. (W004/K004)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2011