Yogyakarta (ANTARA News) - Tim robot Universitas Gadjah Mada Yogyakarta, Iron Fire, akan mengikuti kontes robot dunia "Trinity College Fire-Fighting Robot Contest" di Hartford City, Connecticut, Amerika Serikat, 9-10 April 2011.

Tim beranggotakan empat mahasiswa, yakni Farid Inawan, Noer Azis Ismail, Luiz Rizki Ramelan, dan Wahyu Wijayanto, papar Ketua Tim Robot Indonesia yang juga Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan Fakultas Teknik UGM Jamasri di Yogyakarta, Jumat.

Menurut dia, sebelum berangkat ke Amerika Serikat, Iron Fire telah melewati perjalanan cukup panjang hingga juara di tingkat nasional.

Iron Fire menjadi juara Kompetisi Robot Nasional di Universitas Muhammadiyah Malang pada 2010. Iron Fire menjadi juara pertama pada Kontes Robot Cerdas Indonesia (KRCI) beroda, sehingga berhak mewakili Indonesia pada kontes robot dunia di AS.

"Kami berharap kontes itu bisa diterapkan dan bermanfaat dari aspek keilmuwan. Ke depan juga akan lebih bermanfaat ketika mahasiswa mencari pekerjaan dengan basis pengetahuan yang dimiliki tersebut," katanya.

Dosen pembimbing Iron Fire, Priyatmadi mengatakan, tim robot UGM siap bertanding dalam kontes dunia. Latihan terus dilakukan dan ditingkatkan sebelum keberangkatan mereka pada pekan depan.

"Saya rasa semuanya sudah siap. Kami akan tampil maksimal dalam kontes robot dunia tersebut sehingga dapat menang dan menjadi juara," katanya.(*)

B015*H010/Z003

Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2011