Yogyakarta (ANTARA News) - Pusat Studi Pancasila Universitas Gadjah Mada Yogyakarta merintis pengembangan portal komunitas pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di sekolah dengan meluncurkan "Pancasila online."

"Portal komunitas pembelajaran yang beralamat di www.e-pancasila.web.id itu dapat diakses oleh siswa dan guru dalam memudahkan pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) di sekolah," kata penggagas Pancasila online, Heri Santoso di Yogyakarta, Sabtu.

Usai peluncuran Pancasila online, ia mengatakan portal tersebut berusaha memfasilitasi para guru dalam mengoptimalkan pembelajaran yang lebih inovatif dan kreatif di dunia maya dengan manfaatkan teknologi informasi.

"Kami mengundang para guru dan murid PKn dan mata pelajaran lain untuk bergabung dalam portal tersebut. Kami yakin media e-learning itu akan sangat bermanfaat," kata peneliti Pusat Studi Pancasila (PSP) UGM itu.

Menurut dia, hasil penelitian yang telah dilaksanakan tim peneliti PSP UGM pada 2010 terhadap delapan SLTA di salah satu kabupaten di DIY menunjukkan pembelajaran PKn oleh guru cenderung bersifat konvensional dan belum mengoptimalkan pembelajaran yang lebih inovatif dan kreatif.

"Hasil penelitian juga menunjukkan beberapa guru PKn masih mengalami kendala dalam memanfaatkan teknologi informasi sebagai media pembelajaran," katanya.

Pengelola Pancasila online Mohammad Rifai mengatakan, portal itu dikemas dan dikembangkan dengan prinsip mudah, murah, manfaat, dan menyenangkan.

Portal juga dilengkapi modul dan fitur menarik sehingga guru dan murid dapat tukar-menukar data baik, bahkan chatting dan nantinya dilengkapi video conference.(*)

B015*H010/R010

Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2011