Bengkulu (ANTARA News) - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika Bengkulu mengingatkan para nelayan untuk mewaspadai gelombang laut setinggi tiga hingga empat meter di Samudra Hindia selatan Enggano, Selasa.

"Gelombang laut setinggi itu berbahaya bagi perahu dan kapal nelayan," kata analis BMKG pada Stasiun Meteorologi Fatmawati Soekarno Bengkulu, Rosyidah.

Menurut dia, BMKG juga memprakirakan gelombang laut di Samudra Hindia barat Bengkulu 12 jam ke depan tingginya berkisar antara satu hingga 2,5 meter, sedangkan anginnya berhembus dari arah Barat hingga Utara dengan kecepatan antara 08-20 knot.

Sedangkan gelombang laut di perairan Bengkulu tingginya berkisar antara 0,75 hingga dua meter, angin di wilayah itu berhembus dari arah Barat hingga Timur laut dengan kecepatan antara 05-17 knot.

Prakiraan cuaca di wilayah Bengkulu 12 jam ke depan berpeluang berawan dan hujan ringan pada siang dan malam hari, suhu udaranya antara 23-31 derajat celcius dan kelembababannya antara 62-98 persen, ujarnya.

Seorang pengusaha ikan di Bengkulu H Ediyanto menanggapi perkiraan dari BMKG tentang gelombang empat meter di Selatan Enggano itu, tidak khawatir karena para nelayan kapalnya tidak melakukan penangkapan di wilayah itu.

Walaupun ada nelayan menangkap ikan di Selatan perairan Enggano itu biasanya menggunakan kapal dan peralatan moderen karena sudah berhadapan dengan laut lepas.

Para nelayan kapal ikannya menangkap ikan di periaran Bengkulu yang gelombang lautnya tergolong normal yaitu sekitar 2,5 meter dan mereka tetap diingatkan untuk mewaspadai gelombang tinggi tersebut, ujarnya. (Z005/M008/K004)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2011