Jakarta (ANTARA News) - Partai Keadilan Sejahtera (PKS) mendapat simpati luar biasa setelah Arifinto mengundurkan diri sebagai anggota DPR RI.

"Sejauh yang kami pantau, setelah mengundurkan diri, kami mendapat banyak ucapan simpati yang luar biasa dari masyarakat. Masyarakat mengatakan, para politisi layak meneladani sikap elegan dan tanggung jawab moral seperti itu. Awalnya kita banyak mendapat kecaman. Masyarakat tidak menyangka kalau Arifinto mengambil keputusan secepat itu, elegan dan penuh tanggung jawab moral. Ada simpati yang luar biasa," kata Anis Matta, Jakarta.

Menurut Sekretaris Jenderal PKS Anis Matta, sebelum orang lain atau masyarakat berspekulasi lebih jauh tentang dirinya, Arifinto sudah mendahului spekulasi orang dengan mengambil tindakan berani dan satria.

Ia menambahkan, inisiatif Arifinto itu sangat elegan menyelesaikan masalah dan bisa menyelesaikan dengan melokalisir masalah. "Sisi keteladanannya ada di situ," tambah Wakil Ketua DPR RI itu.

Dengan langkah Arifinto tersebut, kata Anis, tak salah kalau dijadikan contoh dan pembelajaran bagi yang lain, terutama politisi untuk bisa bertanggungjawab baik terhadap dirinya sendiri maupun menjaga kebesaran nama partai.

"Artinya orang-orang pantas belajar dari sikap Arifinto dalam hal tanggung jawab moral," kata Anis.

Meskipun sudah mengakui perbuatan dan mengundurkan diri secara sukarela sebagai anggota DPR RI, namun DPP PKS tidak memecat dia dari PKS.

"Tidak ada alasan untuk memecat beliau dari partai. DPP PKS bisa menerima alasan itu. Yang pasti, DPP PKS dan juga kader PKS menghargai keberanian beliau dan klarifikasi sudah dilakukan hari Jumat (8/4) itu juga," kata Anis.

Wakil Ketua DPR RI itu meyakini, kasus yang menimpa Arifinto tidak akan berdampak negatif terhadap partai, apalagi pada Pemilu 2014 mendatang.

"Saya yakin apa yang dilakukan Arifinto akan memberikan kontribusi yang sangat besar bagi PKS tahun 2014," kata Anis.

Ia menyebutkan, ada dua hal yang membuatnya yakin bahwa PKS tidak terpengaruh sama sekali. Pertama, kata dia, PKS telah memiliki sistem organisasi yang bekerja dengan sangat efektif. Kedua, lanjut dia, sistem yang sudah terbangun tersebut ditunjang dan didukung dengan tanggung jawab moral yang tinggi oleh tokoh-tokoh PKS.

"Saya percaya momentum ini akan memberikan point penting bagi peningkatan suara PKS tahun 2014," ujar Anis.
(zul)

Pewarta: Zul Sikumbang
Editor: Bambang
Copyright © ANTARA 2011