Jakarta (ANTARA News) - Delegasi Indonesia yang dipimpin oleh Kepala Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional Sugiri Syarief akan berbagi pengalaman tentang program KB kepada dunia internasional di Amerika Serikat.

"Delegasi Indonesia akan menghadiri Sidang ke-44 Komisi Populasi dan Pembangunan Kependudukan atau Session of the Commission on Population and Development di New York, Amerika Serikat," kata Kepala Bagian Humas Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN), Uung Kusmana di Jakarta, Rabu.

Uung Kusmana menjelaskan, sidang ke-44 Komisi Populasi dan Pembangunan Kependudukan tersebut akan dihadiri oleh 77 negara yang tergabung dalam Partner Population Development (PPD), dan United Nation Fund Population (UNFPA) atau organisasi yang melakukan kegiatan dalam pengembangan kependudukan dan pangan.

Uung juga menambahkan, tema yang diusung dalam kegiatan tersebut adalah fertility, reproductive health and development.

"Dalam kesempatan tersebut, Kepala BKKBN Sugiri Syarief akan menyampaikan pengalaman pelaksanaan program KB di Indonesia kepada negara internasional yang hadir, diantaranya tentang keberhasilan dan permasalahan program KB dalam pengendalian kependudukan di Tanah Air," katanya.

Diharapkan pengalaman Indonesia dalam menjalankan program KB dapat menjadi masukan positif bagi negara-negara lain yang membutuhkannya.

Dia juga mengatakan, masalah yang akan dibahas dalam pertemuan tersebut, antara lain mengenai kegiatan pendidikan secara umum dan sumbangannya terhadap peningkatan pengetahuan penduduk, kematian ibu dan anak, akses kesehatan reproduksi dan pelayanan program KB.

Dia juga menambahkan, delegasi Indonesia yang hadir dalam pertemuan tersebut diantaranya terdiri atas BKKBN, Kementerian Kesehatan, Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Bappenas, dan Kementerian Luar Negeri.

Sidang ke-44 Komisi Populasi dan Pembangunan Kependudukan itu akan berlangsung pada 11-15 April 2011.
(W004)

Editor: Bambang
Copyright © ANTARA 2011