Bandung (ANTARA News) - Diluar dugaan banyak orang, Wakil Gubernur Jawa Barat Dede Yusuf ternyata sudah bergabung dengan Partai Demokrat sejak Maret lalu.

Dede Yusuf sudah resmi bergabung dengan Partai Demokrat usai pertemuan dengan salah seorang anggota Dewan Pembina Partai Demokrat Ahmad Mubaroq di Cirebon awal Maret lalu, kata Kabiro Informasi Dewan Pimpinan Daerah Partai Demokrat Jabar Yan Rizal di Bandung, Kamis.

"Jadi benar Pak Dede Yusuf sudah bergabung dengan Partai Demokrat dan itu sudah lama sekitar satu bulan lalu. Kebetulan saja baru tercium oleh media baru sekarang," kata Yan Riza saat dihubungi melalui telepon selulernya.

Ia mengatakan, secara administratif Dede Yusuf bergabung dengan Partai Demokrat melalui Dewan Pimpinan Pusat (DPP) bukan ke DPD Partai Demokrat Jawa Barat.

Ia mengatakan, berpindahnya Dede Yusuf dari Partai Amanat Nasional ke Partai Demokrat bukan berarti Dede Yusuf memiliki keinginan menjadi Ketua DPD Partai Demokrat Jabar.

"Namun, hal itu dilakukan guna menambah kekuatan politik sebagai Wakil Gubernur yang memiliki 28 kursi pada DPRD Jawa Barat," katanya.

Ketika ditanya apakah Dede Yusuf memiliki target untuk didukung Partai Demokrat pada Pemilihan Gubernur 2013, Yan Rizal mengaku, hal itu mungkin bisa saja terjadi dan bisa juga tidak.

"Untuk calon gubernur, partai memiliki aturan dan mekanisme yang jelas siapa calon yang akan diusung. Dan ini diatur oleh Majelis Tinggi Partai yang ada di Partai Demokrat," katanya.

Secara pribadi, Yan menyambut gembira bergabungnya Dede Yusup ke Partai Demokrat karena Dede Yusuf salah seorang tokoh muda yang memiliki potensi untuk membangun Jawa Barat.

"Beliau adalah sosok muda yang santun terhadap yang lebih tua, kemudian dia juga memiliki potensi yang besar untuk membangun dan memajukan Jawa Barat," katanya.

(KR-ASJ/M029/S026)

Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2011