Kalimat Franky yang pertama,..Dharma, kau harus sehat yaaa..."
Jakarta (ANTARA News) - Ketua Umum DPP Persatuan Artis Penyanyi, Pencipta Lagu dan Penata Musik Rekaman Indonesia, Dharma Oratmangun mengatakan, Franky Sahilatua adalah maestro di dunia musik Indonesia.

"Lebih dari itu, bung Franky sahabat sejati yang jujur dalam berkarya. Kami di DPP Persatuan Artis Penyanyi, Pencipta Lagu dan Penata Musik Rekaman Indonesia benar-benar sangat kehilangan seorang teladan," katanya kepada ANTARA, Kamis.

Dharma Oratmangun menuturkan, beberapa waktu lalu, ketika mulai dirawat di Singapura, ia sempat menelepon dan berbincang dengan Franky Sahilatua tentang upaya perlindungan karya cipta musik Indonesia

"Selama ini, kami selalu bersinergi untuk perjuangan bagi perlindungan karya cipta musik Indonesia. Kita amat klop. Padahal saya pernah bersaing dengan Franky untuk menjadi Ketua Umum PAPPRI," ujarnya.

Ketika itu dua kali ia memenangkan pemilihan Ketum PAPPRI, Franky tetap mendukung kepemimpinannya dengan ksatria.

"Dia itu amat menghormati nilai-nilai demokrasi. Setia berkawan. Dan Franky konsisten mendorong pembenahan keorganisasian PAPPRI dengan kritik-kritik dan saran yang baik untuk lebih mengangkat harkat dan martabat seniman musik Indonesia," tuturnya.

Ketika ia menelepon Franky Sahilatua yang tengah dirawat di Singapura itu, terjadi dialog penuh haru.

"Kalimat Franky yang pertama,..Dharma, kau harus sehat yaaa...Kesehatan itu Rahmat Tuhan, harus dirawat dan dijaga dengan baik .... Kesehatan itu mahal," kata Dharma Oratmangun seraya meneteskan air mata mengenang pembicaraan dua sahabat ini.

Ia menambahkan, Franky Sahilatua sempat menanyakan eksistensi organisasi PAPPRI sebagai wadah perjuangan para insan musik Indonesia.

"Termasuk statuta Yayasan Karya Cipta Musik Indonesia, kaitannya dengan pembagian royalti khususnya di sektor Ring Back Tone (RBT) yang sedang marak di Indonesia," tukas Dharma.

Dia menyebut Franky Sahilatua, "seorang kawan dan sahabat sejati". "Selamat Jalan Franky ..... Kemesraan ini ingin kukenang selalu ...," ujar Dharma.(*)
M036/Z002

Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2011