Sabtu, 1 November 2014

Al-Azhar Bangun Pemakaman Muslim

| 3.703 Views
id al azhar, pemakaman muslim
Jakarta  (ANTARA News) - Yayasan Pesantren Islam (YPI) Al-Azhar sedang membangun kawasan pemakaman khusus Muslim berbasis syariah di Kabupaten Karawang, Jawa Barat.

"Pemakaman akan dibuka untuk umum pada Oktober mendatang," kata Direktur Al-Azhar Memorial Garden Nugroho Adi Wiwoho di Masjid Al-Azhar, Jakarta, Sabtu.

Nugroho yang ditemui seusai acara tasyakur milar ke-59 YPI Al-Azhar mengatakan pemakaman yang sedang dibangun berada di areal seluas sekitar dua hektare.

Ia menyebutkan pemakaman tersebut memiliki kapasitas hingga 29 ribu lubang makam.

Nugroho menambahkan masyarakat Muslim bisa memesan makam secara satuan atau untuk makam keluarga dengan kavling yang tersedia.

Ia belum bersedia menyebutkan harga dari masing-masing paket tersebut karena masih dalam perhitungan termasuk apakah pembayarannya dengan sistem kontrak per tahun atau satu kali pembayaran untuk selamanya.

"Pada Juli mendatang sudah bisa diketahui harganya dan publik sudah bisa memesan," katanya.

Nugroho mengatakan layanan pemakaman tersebut melengkapi unit pemulasaran jenazah yang sudah dimiliki oleh Al-Azhar.

Letak pemakamam Muslim Al-Azhar Memorial Garden tersebut tidak terlalu jauh dengan pemakaman umum "San Diago Hills Memorial Parks and Funeral Homes" yang juga terletak di Kabupaten Karawang dan tak jauh dari tol Jakarta - Cikampek.

"Pemakaman yang dibuat Al-Azhar ini seperti taman atau lapangan golf sehingga jauh dari kesan angker atau menyeramkan seperti kesan pemakaman pada umumnya," kata Nugroho.

Setelah pemakaman dibuka, katanya, pengelola Al-Azhar Memorial Garden juga melayani pemindahan jenazah Muslim dari pemakaman lain.
(B009/Z002)

Editor: Aditia Maruli

COPYRIGHT © ANTARA 2011

Komentar Pembaca
Baca Juga