Jakarta (ANTARA News) - Pewaris tahta Kerajaan Inggris Pangeran William dan kekasih setianya Kate Middleton akan menikah Jumat ini Westminster Abbey, London.

Berikut susunan acara selama seharian itu dan jadwal ini dirilis resmi dari kantor sang pangeran seperti dikutip Reuters.

8:15 GMT (15:15 WIB) - Tamu undangan tiba di Pintu Agung Utara Gereja Westminster Abbey.

16:50 WIB: Para gubernur jenderal dan para perdana menteri negara-negara sahabat Kerajaan Inggris (terutama Negara-negara Persemakmuran), korps diplomatik dan tamu kehormatan lainnya tiba di tempat acara.

17:10 WIB: Pangeran William dan adiknya yang sekaligus menjadi pendamping pengantin pria, Pangeran Harry, meninggalkan kediaman ayahanda mereka, Clarence House.

17:20 WIB: Angota keluarga kerajaan tiba di Westminster Abbey.  Ibunda Kate Middleton, Carole dan adiknya James, meninggalkan Hotel Goring.

17:25 WIB: Para anggota muda keluarga kerajaan Inggris meninggalkan Istana Buckingham.

17:35 WIB: Pamanda Pangeran William, yaitu Pangeran Edward dan Pangeran Andrew serta bibinya Putri Anne, meninggalkan istana bersama anggota keluarga kerajaan lainnya.

17:38 WIB: Ayahanda William, Pangeran Charles, meninggalkan Clarence House dengan istrinya Camilla.

17:40 WIB: Ratu Elizabeth dan suaminya Pangeran Philip menjadi anggota keluarga kerajaan terakhir yang meninggalkan istana.

17:48 WIB: Para pagar ayu dan pagar bagus meninggalkan Hotel Goring.

17:51 WIB: Kate Middleton dan ayahnya Michael meninggalkan Hotel Goring.

18:00 WIB: Upacara pernikahan mulai.

19:15 WIB: William dan Middleton meninggalkan Westminster Abbey dengan mengendarai kereta kencana untuk kembali ke Istana Buckingham diiringi oleh para anggota senior keluarga kerajaan dan dikawal oleh pasukan kavaleri berkuda berseragam pasukan kerajaan lengkap.

19:30 WIB: Pengantin baru itu tiba di Istana Buckingham.

19:40 WIB: Keluarga kerajaan lainnya baik kerajaan Inggris maupun kerajaan asing sahabat, tiba kembali di istana.

20:25 WIB: Ratu, William dan Middleton serta keluarganya muncul di balkon Istana Buckingham .

20:30 WIB: Manuver udara dari pesawat-pesawat Angkatan Udara Inggris (RAF) dan pesawat-pesawat peninggalan Perang Dunia Kedua dari "Battle of Britain Flight". (*)

Penerjemah: Jafar M Sidik
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2011