London (ANTARA News) - Pangeran William akan memakai pakaian seragam warna merah Kolonel Garda Irlandia saat menikahi kekasihnya Kate Middleton, Jumat, demikian beberapa pejabat kerajaan seperti dikutip Reuters.

Wlliam, yang telah bertugas di semua angkatan bersenjata Inggris, diperkirakan akan memakai seragam militer karena sudah menjadi tradisi dalam perkawinan kerajaan dan telah diangkat sebagai Kolonel pada Garda Irlandia, Februari lalu.

Ayahnya, putera mahkota Pangeran Charles, memilih pakaian seragam Angkatan Laut pada perkawinannya dengan Puteri Diana. Garda Irlandia adalah resimen infantri Angkatan Darat.

Kantor William mengatakan pangeran yang sekarang merupakan pilot helikopter untuk tim SAR pada Angkatan Udara Inggris bisa mengenakan seragam "Perwira Pasukan Berkuda Garda Irlandia dalam Garda Kehormatan Topi Forage".

Tunik merah itu menonjolkan susunan kancing dalam kelompok-kelompok empat dan William akan memakai ikat pinggang emas dan merah tua serta gendongan pedang emas, tapi dia tidak akan membawa pedang.

Rincian pakaian perkawinan Middleton masih rahasia yang dijaga dengan rapat sampai dia tampil di Westminster Abbey pada upacara perkawinan tak lama sebelum pukul 10.00 GMT (pukul 17 WIB).

Adik laki-laki dan pengiring William akan memakai seragam perwira resimen Blues dan Royals pada resimen kavaleri Household Cavalry, sementara Pangeran Charles yang mendapat pangkat laksamana sejak 2006 akan mengenakan seragam angkatan laut.

Para pejabat kerajaan juga telah memberikan perincian mengenai cincin perkawinan Middleton.

Keluarga ahli perhiasan Wartski, yang membuat cincin perkawinan Charles dengan isteri keduanya, Camilla, telah merancang mode cincin dari emas khas Wales yang diberikan pada William oleh Ratu Elizabeth tak lama setelah pertunangannya diumumkan.

Harry, sebagai pengiring pengantin pria akan bertanggung jawab membawa cincin itu ke Westminster Abbey pada upacara pernihan ini.

S008/H-AK

Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2011