Hari ini, dunia akan menyaksikan puncak dari kisah cinta yang luar biasa ini"
London (ANTARA News) - Pernikahan Pangeran William dan Kate Middleton akan menjadi alasan bagi melenturnya kebanggaan nasional sekaligus mencerminkan lanskap sosial yang berubah di Inggris, demikian laporan koran-koran Inggris, Jumat.

Hari paling membahagiakan sang pangeran dan diterima masuknya keluarga Middleton yang adalah keluarga dari kalangan biasa, ke dalam keluarga kerajaam, menunjukkan sampai seberapa jauh struktur kelas kaku di Inggris telah melangkah, lapor media Inggris.

"Mum (ibu) pasti bangga sekali," kutip tabloid Sun di halaman mukanya, menunjuk mendiang ibunda Pangeran William, Putri Diana.

"Hari ini dunia akan melihat dengan kagum karena Inggris mencipta sesuatu yang lebih baik dibandingkan tempat mana pun di Bumi," sambung tabloid patriotik yang mengeluarkan bonus berisi sebuah poster raksasa mengenai pernikahan itu.

"Ayo kenakan mahkota kardusmu, lambaikan bendera, dan berbanggalah," ajak tabloid itu seperti dikutip AFP.

Harian Daily Mail yang prokerajaan memperkuat sentimen itu.

"Biarlah kejayaan membalut fakta bahwa Inggris bisa tetap menyelenggarakan arak-arakan yang akan membuat dunia bilang wow," tulis koran itu dalam editorialnya.

"Kedua orang (William dan Kate) yang berasal dari latar belakang berbeda yang bisa menikah tanpa mengernyitkan alis adalah saksi betapa kelas (sosial) di Inggris telah berubah dalam beberapa dekade," imbuh harian itu.

Pemakaman ibunda William dilangsungkan di Westminster Abbey adalah juga tempat pernikahan William-Kate Jumat ini.

Satu foto pasangan itu yang diambil oleh forografer kesayangan Putri Diana, Mario Testino, mendominasi halaman depan tiga koran; The Sun, The Mirror dan Daily Express.

Foto yang dirilis beriringan dengan program pernikahan itu membuat juga perkataan pasangan itu  bahwa mereka 'bergembira bahwa Anda bisa bergabung bersama kami untuk perayaan yang kami harapkan akan menjadi salah satu hari terbahagia dalam hidup kami."

Mengomentari pemulihan nama baik keluarga kerajaan sejak kematian Diana, koran Telegraph tengah-kanan mewartakan: "Itu adalah kenestapaan besar bahwa Diana, Princess of Wales, tidak bisa menjadi saksi pernikahan putranya ini.

"Apa yang akan terjadi hari ini akan memasuki tak hanya babak baru, namun juga volume baru, dalam sejarah kerajaan dan bangsa kami," tulis Telegraph dalam editorialnya.

"Hubungan mereka adalah bukti perjalanan jauh dari keluarga kerajaan.

"Kami berdoa semoga panjang umur, berbahahia, dan pernikahan paling diberkati kepada Pangeran William dan Nona Middleton. Hari ini biarkan mereka, dan kami, menikmati yang tak terhingga ini," sambung koran itu.

The Times sepakat bahwa pernikahan kerajaan kali ini menandakan era baru dalam kerajaan Inggris dan sebuah babak baru hubungan antara Istana dan rakyatnya.

"Hari ini, dunia akan menyaksikan puncak dari kisah cinta yang luar biasa ini," tulis The Times.

Koran republiken terkemuka Guardian mendesak rakyat Inggris untuk tidak hanyut dalam hingar bingar kerajaan di tengah kesulitan ekonomi nasional yang dihadapi negeri itu.

"Sekarang ini adalah masa sulit bagi jutaan rakyat Inggris," tulis the Guardian.  "Ini adalah hari untuk senyum dan bersulang. Esok, dan di hari-hari lainnya di tahun ini, kita akan harus memasuki lagi dunia nyata." (*)

Penerjemah: Jafar M Sidik
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2011