London (ANTARA News) - Pangeran William memiliki nama lengkap William Philip Louis.  Dia lahir pada 21 Juni 1982 di Rumah Sakit St. Marry, Paddington, barat London.

Dia adalah putra tertua putra mahkota Pangeran Charles dan almarhum Putri Diana dan juga urutan kedua dalam daftar pewaris tahta kerajaan Inggris.

Setelah masuk Mrs Mynors School, Pangeran William menjadi murid di Wetherby School di London hingga tahun 1990, kemudian Ludgrove School di Berkshire, hingga tahun 1995.

Dia kemudian masuk kampus elite Eton College. William belajar di Universitas St. Andrews, Skotlandia, dan lulus dalam studi Geografi pada 2005.

Pangeran William berusia 15 tahun saat Diana, Princess of Wales, tewas dalam kecelakaan mobil di Paris akhir Agustus 1997.

William dan adiknya Pangeran Harry berjalan di belakang irin-iringan pemakaman ibunya di London.

William mengikuti pendidikan kadet militer di akademi militer termasyur, Akademi Militer Kerajaan Sandhurst, untuk menjadi calon perwira, lalu bertugas sebagai perwira di depan ratu di Sandhurst Desember 2006 dan bergabung dengan kavaleri rumah tangga (Blues and Royals) dengan pangkat Letnan Dua.

William lulus sebagai pilot SAR pada Angkatan Udara Inggris (RAF) pada September 2010.

William bertemu Kate Middleton di Universita St. Andrews, Skotlandia, di mana mereka mulai belajar pada September 2001. Mereka berbagi rumah empat kamar di kota Fife dan pergi berlibur bersama.

Gangguan media yang tak tertahankan disebut oleh banyak sumber sebagai alasan mereka putus hubungan pada tahun 2007, tetapi mereka kembali bersama dan menikah pada 29 April.

William dan Kate kembali ke St. Andrews pada 25 Februari, dalam kunjungan resmi untuk menandai peringatan 600 tahun universitas itu.

Kunjungan itu diikuti penampilan resmi pertama mereka sebagai pasangan sehari sebelumnya, di mana Middleton tampil dalam upacara peluncuran kapal di Wales yang mendapat pujian dari media Inggris yang terobsesi oleh keluarga kerajaan.

Baik William maupun Kate mengunjungi Belfast pada 8 Maret di bawah keamanan super ketat.

William juga terbang ke Selandia Baru dan Australia pada Maret untuk mewakili Ratu Elizabeth dalam upacara peringatan nasional di Selandia Baru demi korban gempa yang membunuh setidaknya 166 orang dan mengunjungi wilayah yang terkena banjir di Queensland, Australia.

Awal bulan ini, Kate dan William tiba di sekolah Darwen Aldridge Community Academy di barat laut Inggris untuk secara resmi membuka sekolah itu dalam pertunangan resmi terakhir mereka sebelum pernikahan. (*)

Penerjemah:
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2011