Jakarta (ANTARA News) - Aksi massa pada Hari Buruh (May Day) 2011 di depan Istana Negara, Jakarta, Minggu masih terus berlanjut diisi orasi-orasi yang terus membakar semangat massa meskipun di bawah sengatan terik matahari.

Terlihat beberapa titik dimana masing-masing organisasi pekerja melakukan orasi menyebabkan kumpulan massa terpisah, bahkan sebagian terlihat beristirahat di bawah pohon di taman-taman sekitar jalan Medan Merdeka Utara.

Bahkan sebagian massa tampak membubarkan diri

Massa aksi masih terus berdatangan merapat ke Istana Negara termasuk dari Aliansi Jurnalis Independen (AJI).

Aksi buruh 2011 menuntut pemerintah melaksanakan sistem jaminan sosial nasional dengan mengesahkan RUU Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS).

Tuntutan KAJS pada Hari Buruh yaitu mensahkn RUU BPJS dimana BPJS harus berbadan hukum publik wali amanat tidak boleh dan harus memenuhi sembilan prinsip UU Nomor 40 tahun 2004 tentang Sistem Jaminan Sosial Nasional (SJSN).

Mereka juga menuntut agar pemerintah segera menjalankan jaminan sosial untuk seluruh rakyat seumur hidup dan untuk semua penyakit.

Mereka menyebutkan bahwa pemerintah mengkhianati rakyat bila RUU BPJS tidak disahkan sebab SJSN adalah amanah bukan pilihan.
(*)
 

Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2011