Kuala Lumpur (ANTARA News) - Anggota Komisi IX DPR , Gitalis Dwi Natarina mengharapkan para tenaga kerja Indonesia (TKI) mempersiapkan mentalnya ketika bekerja di luar negeri seperti di Malaysia ini karena akan menghadapi situasi baru dan berbeda.

"Mental harus siap karena akan menghadapi sesuatu yang baru dan berbeda dibanding ditempat asalnya. Itu pun juga harus diperkuat dengan keterampilan yang memadai," kata anggota DPR yang juga terkenal sebagai artis dangdut dengan panggilan Gita KDI ini disela-sela acara silahturahim dengan para TKI di Lapangan Parkir Plaza Safuan, Kuala Lumpur, Malaysia, Minggu.

Hal tersebut, kata Gita, penting dipahami oleh para pekerja Indonesia agar posisi tawarnya menjadi lebih tinggi dan mampu bersaing dengan para pekerja dari negara lain.

"Saya lihat permasalahannya banyak karena kekurangsiapan tenaga kerja kita, baik dari segi skill, mental dan penguasaan bahasa," kata Gita.

Ia berharap semua pihak yang berkait dengan pemberangkatan TKI keluar negeri agar memperhatikan kinerja dari calon tenaga kerja agar mereka mendapat perlakuan yang baik dan gajinya juga lebih tinggi .

"Sumber Daya Manusia (SDM) para TKI itu harus bagus agar posisi tawar mereka disini juga bagus," ungkapnya.

Sementara itu, kehadiran Gita KDI pada acara yang juga menyambut hari buruh tersebut menambah suasana meriah karena setiap lagu yang dibawakannya membuat para TKI yang hadir ikut bernyanyi sambil berjoget-joget.

"Saya senang bisa menghibur TKI dan bila ada kesempatan dan ada undangannya, saya akan datang lagi," kata Gita yang baru dilantik sejak Februari 2011 sebagai anggota DPR dari fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB).(*)
(T.N004/A011)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2011