Los Angeles (ANTARA News) - Film beranggaran besar pertama pada musim panas, "Fast Five", memecahkan rekor baru saat mengumpulkan 83,6 juta dolar AS pada akhir pekan pertamanya di berbagai gedung bioskop, demikian perkiraan industri perfilman Ahad (1/5).

Penjualan tiket buat volume kelima dalam serial kejar-kejaran mobil dengan kecepatan tinggi menandai premier terbesar buat film apa pun sepanjang tahun ini, dan melampaui penghasilan film baru lain pekan lalu.

Sementara itu film "Prom" cuma memperoleh 5 juta dolar AS buat awak pemainnya, para aktor muda yang kebanyakan tak dikenal, sementara penonton sama tak terkesannya dengan "Hoodwinked Too! Hood vs. Evil", film kartun 3D yang dibuka dengan 4,1 juta dolar AS, demikian keterangan Exhibitor Relations.

Penjualan tiket bioskop telah berjalan biasa tahun ini, yang mencerminkan dampak dari resesi besar, yang terburuk di Amerika Serikat sejak 1930-an.

Paul Walker dan Vin Diesel termasuk bintang kawakan "Fast Five" yang bergabung lagi untuk edisi kelima serial tersebut. Rio de Janeiro menjadi latar film itu saat ini.

Penampilan buruk sekuel "Hoodwinked" mungkin terjadi gara-gara ketenaran yang berlanjut dari dua film lain animasi keluarga 3D: komedi burung tropis "Rio", di tempat kedua dengan pemasukan 14,4 juta dolar AS, dan "Hop" di tempat kesembilan dengan hasil 2,6 juta dolar dalam pekan kelimanya di layar lebar.

"Rio" telah berjaya di box office selama dua pekan berturut-turut. Film kartun itu bercerita tentang burung kakatua biru yang suaranya diisi oleh bintang "Social Network" Jesse Eisenberg dan melanglang-buana dari Asia ke pantai Brazil.

Di tempat keempat bertengger komedi teranyar Tyler Perry, "Madea`s Big Happy Family", yang meraup 10,1 juta dolar AS pada akhir pekan keduanya.

Kisah roman era-depresi "Water for Elephants", yang dibintangi oleh aktor Inggris Robert Pattinson dan peraih Oscar Reese Witherspoon, mengantungi 9,1 juta dolar AS dan menduduki posisi kelima.

"Soul Surfer" berada di tempat ketujuh dengan pemasukan 3,3 juta dolar AS. Film tersebut diangkat dari kisah nyata peselancar Bethany Hamilton (yang diperankan oleh AnnSophia Robb), yang kembali ke samudra setelah kehilangan tangannya akibat serangan ikan hiu.

Film horor "Insidous", tentang satu keluar di rumah berhantu, meraup 2,7 juta dolar AS dan berada di urutan kedelapan.

Film sain-fiksi yang dibintangi Jake Gyllenhaal "Source Code", yang bercerita tentang pengalaman pemerintah untuk menemukan pembom kereta pelaju, meraih 2,5 juta dolar AS.
(*)

Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2011