Paris (ANTARA News/AFP) - Lyon tetap mempertahankan peluang mereka terbuka dalam perburuan gelar juara liga Prancis, setelah Minggu memang 3-2 atas juara Marseille pada pertandingan di Stadion Gerland.

Tim puncak klasemen sementara, Lille, terpaut empat poin dengan klub urutan kedua Marseille setelah menang di kandang klub papan bawah Nancy, Sabtu, sedangkan Lyon bertahan di urutan ketiga terpaut tujuh poin di bawah tim puncak dengan sisa empat pertandingan lagi.

Setelah permainan berlangsung monoton pada babak kedua, dengan terciptanya hanya satu gol kontroversial lewat titik penalti yang dilakukan Lisandro setelah dikasari pemain bertahan Souleymane Diawara, laga kedua tim pengincar gelar juara itu baru hidup pada babak kedua.

Cesar Delgado kelihatannya akan mengubur Marseille ketika ia menggandakan gol Lyon pada menit ke-69, tetapi Lucho kembali menggebrak satu menit kemudian, kemudian Loic Remy membuat Marseille hidup lagi ketika menyamakan kedudukan pada menit ke-78.

Akhirnya Cris mencetak gol kemenangan Lyon menjelang akhir pertandingan, sehingga berhak atas tiga poin dan naik ke urutan ketiga di atas Paris Saint Germain, tempat tim yang berhak maju ke kompetisi Liga Champions musim mendatang.

Pelatih Lyon Claude Puel mengakui pasukannya sedang lapar kemenangan setelah sebelumnya kalah mengejutkan 0-2 atas Toulouse minggu lalu.

"Pertandingan amat keras dan sulit, apalagi kami banyak didera cedera pemain. Kami amat tertekan," katanya.

"Tetapi pemain mengerti bagaimana harus berbuat dalam menghadapi lawan mereka. Kami pasti akan mendapatkan sesuatu yang amat menyakitkan secara moral kalau kami tidak menang dalam pertandingan itu," katanya.

Lyon mendapat pukulan ketika pemain dari Argentin, Lisandro, yang mencetak gol k e-16 musim ini, tidak boleh turun lapangan pada sisa kompetisi karena mengalami cedera paha pada akhir pertandingan.

Lille, pada laga Sabtu, mengalahkan Nancy 1-0 sehingga pautan angka mereka empat poin dan mereka berterima kasih kepada pemain dari Belgia, Eden Hazard, yang mencetak golnya yang ketujuh musim ini.

Tim puncak itu amat sibuk minggu ini, karena mereka harus berangkat ke Saint Etienne Selasa, kemudian tampil lagi pada final kompetisi Piala Prancis lawan PSG di Stade de France, Sabtu.

PSG harus mendapatkan angka lebih, setelah bermaim imbang 1-1 lawan Monaco, sehingga mereka terpaut dua poin di bawah Lyon dan berada di urutan keempat.

Jean Tigana mundur sebagai pelatih Bordeaux setelah pendukung tim itu bertindak kasar terhadap puterinya yang masih remaja, ketika mereka kalah 0-4 di kandang sendiri atas Sochaux, saingan mereka untuk mendapatkan tempat ke kompetisi Liga Eropa.

Tigana menggantikan Laurent Blanc musim panas lalu tetapi ia tidak mampu mengangkat pamor juara 2009 itu, yang kini terpaut 12 poin dari titik tim yang berhak maju ke kompetisi Liga Champions.

Brown Ideye membuka kebuntuan pada menit kesembilan dan Damien Perquis mencetak angka lainnya dua menit kemudian, demikian AFP melaporkan.  (A008/A011/K004)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2011