Jakarta (ANTARA News) - Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) mendatangi Majelis Permusayawaratan Rakyat Republik Indonesia (MPR RI) untuk menyatakan dukungan dan berkeinginan ikut mensosialisasikan Empat Pilar Kebangsaan. Delegasi KNPI tersebut diterima oleh Ketua MPR RI Taufiq Kiemas, Wakil Ketua MPR RI Ahmad Farhan Hamid di Jakarta, Selasa.

Ketua Umum KNPI Aziz Syamsuddin mengatakan bahwa saat ini di masyarakat terjadi fenomena maraknya konflik sosial yang notabene ditengarai banyak dari kalangan pemuda. Konflik sosial atau kerusuhan yang disebut oleh Aziz itu seperti maraknya tawuran, kasus hangat radikalisasi Negara Islam Indonesia (NII), serta menguatnya fenomena separatisme dan sebagainya yang diakibatkan minimnya peran pemerintah dalam merevitalisasi dan menginternalisasi nilai-nilai ideologis yang dikandung dalam Empat Pilar tersebut kepada masyarakat.

"Fenomena ini disebabkan terkikisnya pemahaman Empat Pilar tersebut yaitu Pancasila, Undang-undang Dasar 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), dan Bhineka Tunggal Ika yang harus ditanamkan kepada bangsa Indonesia untuk terus meningkatkan rasa nasionalisme, kebhinekaan, dan persatuan di tengah-tengah masyarakat, khususnya pemuda," ujar Aziz.

Untuk membangun kesadaran berbangsa dan bernegara, lanjut Aziz, maka semua pihak harus dilibatkan, termasuk para pemuda. "Dalam masalah ini KNPI memandang sosialisasi Empat Pilar yang dilakukan mempunyai nilai positif. Konflik atau pertikaian diantara anak bangsa tidak akan terjadi jika para pemudanya mampu memahami nilai-nilai dari Empat Pilar tersebut," katanya.

Beranjak dari hal tersebut dan rasa tanggung jawab sebagai warga negara, Sekretaris Jenderal KNPI Sayed Muhamaad Muliady menyampaikan bahwa KNPI berkeinginan untuk melakukan kerjasama dengan MPR guna melakukan sosialisasi Empat Pilar di seluruh Indonesia lewat organisasi kepemudaan (OKP) yang berada dalam naungan KNPI.

Kedatangan delegasi KNPI, Ketua MPR RI Taufiq Kiemas menyatakan sangat berterimakasih dan dengan senang hati. "Ini kali kedua saya menerima kedatangan KNPI, dan saya mengucapkan terima kasih kepada KNPI yang telah datang ke MPR. Saya bergembira apa yang dirasakan oleh MPR juga dirasakan oleh para pemuda. Kita merasa senang bisa mendengar langsung dan sharing dengan KNPI tentang segala problem bangsa dan negara," ujarnya.

Keinginan KNPI untuk bisa melakukan kerjasama dengan MPR guna melakukan sosialisasi disanggupi oleh Taufiq Kiemas.

Senada dengan Taufiq Kiemas, Wakil Ketua MPR Ahmad Farhan Hamid mengapresiasi keinginan KNPI untuk bersama-sama mensosialisasikan dan lebih mengenali dan memahami landasan ideologi, konstitusi, komitmen kebangsaan serta semangat kesatuan dalam perbedaan yang dimiliki oleh bangsa Indonesia yang terangkum dalam Empat Pilar.

"Pimpinan MPR mengharapkan semua untuk dapat lebih mengenal, memahami serta turut menyebarluaskan Empat Pilar. Ini penting sebab Empat Pilar yang menjadi landasan bagi kita dalam membangun bangsa yang adil dan sejahtera, sesuai cita-cita para pendiri bangsa sebagaimana termaktub dalam pembukaan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945”, ungkap Farhan.

Dalam kesempatan tersebut, KNPI juga menyampaikan keinginan kepada Ketua MPR RI Taufik Kemas untuk bisa membuka acara MPP (Musyawarah Pimpinan Pemuda) KNPI yang akan diselengarakan di bulan Juli nanti, sekaligus memberikan arahan kepada para pemuda tentang kehidupan berbangsa dan bernegara.(*)
(R009/K004)

Pewarta: Ruslan Burhani
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2011