Yogyakarta (ANTARA News) - Universitas Muhammadiyah Yogyakarta memberikan beasiswa kepada 11 mahasiswa Thailand untuk melanjutkan pendidikan strata satu selama empat tahun di universitas tersebut.

"Mahasiswa Thailand itu akan menempuh pendidikan di Jurusan Hubungan Internasional, Ilmu Pemerintahan, dan Ekonomi Perbankan Islam," kata Kepala Kantor Urusan Internasional Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY), Indira Prabasari, di Yogyakarta, Kamis.

Menurut dia, para mahasiswa tersebut akan menjalani program pengenalan budaya dan bahasa Indonesia selama dua bulan sebagai proses adaptasi untuk mengenal lebih dekat negeri ini, terutama dalam kehidupan sehari-hari dan bahasa.

"Selanjutnya, pada September 2011 mereka akan memulai aktivitas kegiatan belajar mengajar di UMY sesuai dengan jurusan yang diambil," katanya.

Ia mengatakan, penerima beasiswa akan mendapatkan berbagai fasilitas, di antaranya uang kuliah selama delapan semester, asrama selama dua semester, dan asuransi kesehatan.

Program beasiswa tersebut akan memberikan pengalaman yang berharga bagi kedua pihak, baik mahasiswa secara personal maupun universitas secara profesional.

"Pemahaman lebih baik juga diharapkan menjadi hal penting bagi hubungan antara kedua pihak," katanya.

Counselor Office of Foreign Affairs, Southern Border Provinces Administrative Center (SBPAC) Thailand, Mongkol Sinsomboon mengatakan, beasiswa tersebut semakin meningkatkan persahabatan yang terjalin, baik antara mahasiswa maupun universitas.

"Mahasiswa yang telah menuntut ilmu di UMY diharapkan dapat memberikan kontribusi bagi peningkatan kualitas sumber daya generasi Thailand. Selain itu, juga diharapkan dapat meningkatkan rasa percaya diri mahasiswa," katanya. (*)

Editor: Priyambodo RH
Copyright © ANTARA 2011