para detektif NYPD sedang menyelidiki serangan brutal terhadap seorang perempuan pegawai Hotel Sofitel"
New York (ANTARA News) - Kepala Dana Moneter Internasional (IMF) Dominique Strauss-Khan ditahan Sabtu waktu AS atau Minggu WIB ini di Bandar Udara Internasional New York dan ditanyai sehubungan denganpenyerangan seksual, kata juru bicara Kepolisian New York Paul Browne seperti dikutip Reuters.

Paul Browne mengatakan, perempuan yang diserang dan mengajukan keluhan terhadap Strauss-Khan (62) adalah petugas kebersihan kamar berusia 32 tahun dan melarikan diri dari kamar Strauss-Khan setelah peristiwa tersebut.

Strauss-Khan yang mungkin menjadi calon dari kubu Sosialis dalam pemilihan presiden Prancis April tahun depan, meninggalkan hotel itu setelah peristiwa tersebut dan naik pesawat Air France yang dijadwalkan bertolak menuju Paris, kata juru bicara polisi.

Pesawat itu ditahan di bandar udara dan para petugas dari New York/New Jersey Port Authority menaiki pesawat untuk menahan Strauss-Khan dan menyerahkannya kepada detektif New York Police Department, sambung juru bicara itu.

Polisi menyatakan peristiwa itu diduga terjadi di hotel Sofitel di West 44th Street, dekat Times Square.

New York Times melaporkan para detektif NYPD sedang menyelidiki serangan brutal terhadap seorang perempuan pegawai Hotel Sofitel, New York, Sabtu pagi waktu setempat.

Strauss-Khan memimpin IMF sejak November 2007.  Sebelumnya, dia adalah anggota Majelis Nasional Prancis dan dosen ekonomi pada Institut d`Etudes Politiques de Paris.

Pada Oktober 2008, Strauss-Khan meminta maaf atas "kekeliruan penilaian" dalam urusan dengan seorang bawahan, tapi membantah telah menyalahgunakan jabatannya.

Strauss-Khan meminta maaf kepada dua perempuan yang memiliki hubungannya, yaitu bawahan perempuannya itu yang bernama Pirosky Nagy dan istrinya yang menjadi ikon televisi Prancis Anne Sinclair, atas masalah yang ditimbulkannya itu.

C003/A011

Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2011