Sidoarjo (ANTARA News) - Sebuah truk gandeng dengan nomor polisi W 8988 NH yang memuat spons Senin terbakar di KM 30 jalan tol Surabaya - Porong di Sidoarjo, Jawa Timur, dan menyebabkan kemacetan panjang di jalan tol tersebut.

Kepala Kepolisian Sektor Candi, Sidoarjo, Komisaris Polisi Eko Soemino, mengatakan, pihaknya masih belum mengetahui secara jelas penyebab kebakaran truk di jalan tol tersebut.

"Diduga kuat kebakaran tersebut terjadi akibat adanya hubungan arus pendek yang bisa memicu kebakaran karena barang yang diangkut oleh truk tersebut ada bahan karet busa yang sangat peka terhadap api," katanya.

Saat ini, pihaknya masih terus melakukan penyelidikan terkait dengan peristiwa kebakaran truk gandeng di jalan tol Tersebut.

"Untuk saat ini kami masih akan terus melakukan penyelidikan untuk mengetahui penyebab pasti kebakaran tersebut," katanya.

Ia menceritakan, sebuah truk gandeng muatan spons alas sandal sepatu terbakar di bagian gerbong depan, lalu api menjalar dan menghanguskan badan truk hingga hampir 95 persen.

Hanya bagian bak belakang yang tidak ada muatannya yang tidak terbakar karena api sudah dipadamkan oleh mobil pemadam kebakaran (PMK).

Roda dobel gandeng bagian belakang juga bisa diselamatkan, tetapi yang lainnya hangus secara total.

"Yang tersisa atau selamat hanya roda ban truk bagian belakang yang berjumlah empat buah karena tidak terbakar," katanya.

Kecelakaan yang menimpa truk gandeng arah Surabaya-Porong itu sempat memacetkan arus kendaraan sepanjang tiga kilometer.

Api yang berkobat itu membuat petugas menghentikan mobil yang mengarah ke arah Porong di belakang truk yang terbakar.

(ANTARA/S026)

Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2011