Jeddah (ANTARA News) - Kepala Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BNP2TKI) Moh Jumhur Hidayat dan rombongan menunaikan ibadah umroh di Kabah, Mekkah, Arab Saudi, Minggu dinihari.

Jumhur dan rombongan berangkat dari Jeddah pada Sabtu sekitar pukul 21.30 waktu setempat (Minggu pukul 01.30 WIB) dan tiba di Mekkah sekitar satu jam kemudian.

Sebelum berangkat, mereka membaca doa niat umroh dari miqat (tempat mulai niat umrah dan berpakaian ihram) Jeddah dan dalam keadaan telah bersuci (berwudhu).

Kota Jeddah masuk menjadi salah satu dari lima miqat di Arab Saudi.

Dengan diantar dari petugas protokol Kerajaan Arab Saudi, Jumhur dan rombongan masuk Kabah melalui gedung tamu negara.

Suasana Kabah di dalam Masjidil Haram tampak ramai dikunjungi umat Muslim dari berbagai negara.

Prosesi umrah seperti tawaf (mengelilingi Kabah tujuh kali), shalat sunnah dua rakaat di Makam Nabi Ibrahim, minum air zam-zam, sa`i, cukur rambut dijalani sambil terus membaca doa.

Sekitar pukul 01.40 waktu setempat (05.40 WIB) umroh selesai dan kembali ke Wisma Tamu Kerajaan (Royal Guest House) Jeddah.

Anggota rombongan yang menunaikan umroh antara lain Pelaksana Tugas Dirjen Pembinaan dan Penempatan Tenaga Kerja Kemenakertrans Reyna Usman, Deputi Penempatan BNP2TKI Ade Adam Noch, dan Deputi Perlindungan BNP2TKI Lisna Yoeliani Poeloengan.

Selain itu Staf Ahli Menakertrans Abdul Wahid Maktub, Tenaga Profesional Kepala BNP2TKI Bidang Pengembangan Komunikasi Publik Mahmud F Rakasima, dan sejumlah pejabat eselon II dari Kemenakertrans, Kemenlu, dan BNP2TKI, serta dari Konsul Jenderal RI Jeddah.(*)

(T.B009/M026)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2011