Selasa, 23 September 2014

Mahasiswa Asing Piawai Berdrama Berbahasa Indonesia

Selasa, 31 Mei 2011 23:12 WIB | 2.761 Views
Sleman (ANTARA News) - Sebanyak 15 mahasiswa asing yang sedang belajar di Universitas Atmajaya Yogyakarta yang tergabung dalam program "Rooterdam Busines School" Kemitraan Negara Berkembang dan Darmasiswa menggelar pementasan drama berbahasa Indonesia, Selasa malam.

"Drama yang dipentaskan mahasiswa asing tersebut ada dua lakon yakni `Putri Salju` dan `Sam Pek Engtay` dan mereka cukup piawai meskipun harus berakting dengan menggunakan bahasa Indonesia," kata Kepala Pelatihan Bahasa dan Budaya, Universitas Atma Jaya Yogyakarta (UAJY) Maria Hutapea di sela pementasan drama di Kampus I UAJY Jalan Mrican Baru No.28 Yogyakarta.

Menurut dia, 15 mahasiswa asing tersebut setidaknya selama sembilan bulan telah melakukan studi di UAJY di antaranya belajar budaya dan bahasa Indonesia.

"`Rooterdam Busines School` (RBS) merupakan program pertukaran pelajar dengan Fakultas Ekonomi UAJY dan tahun ini merupakan tahun ke empat. Sedangkan Kemitraan Negara Berkembang (KNB) dan Darmasiswa merupakan tahun ke tiga."

"Sedangkan pementasan drama kali ini sekaligus sebagai acara penutupan program pertukaran pelajar ini," katanya.

Kepala Seksi Dokumentasi dan Informasi Pariwisata Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kabupaten Sleman yang juga hadir menyaksikan pementasan tersebut mengatakan bahwa para mahasiswa asing yang belajar di perguruan tinggi manapun di DIY ke depan perlu menjadi perhatian karena mereka dapat dijadikan sebagai komunitas yang potensial untuk promosi kepariwisataan khususnya di Yogyakarta.

"Alangkah baiknya pengenalan potensi pariwisata Yogyakarta disampaikan kepada mereka sedini mungkin sejak kedatangannya," katanya.

Ia mengatakan, diharapkan di sela-sela kesibukan belajar dan aktivitasnya selama berada di Yogyakarta mahasiswa asing ini dapat meluangkan waktu mengenal objek-objek wisata di Yogyakarta.

"Dengan demikian maka sepulang ke negaranya mereka akan berbagi informasi dan pengalamannya berwisata di Yogyakarta kepada para sahabat, keluarga dan handai taulannya," katanya.(*)
(U.V001/Z002)

Editor: Ruslan Burhani

COPYRIGHT © 2011

Komentar Pembaca
Baca Juga