Madrid (ANTARA News) - Spanyol pada Selasa mengatakan akan mendukung Agustin Carstens dari Meksiko untuk jabatan ketua Dana Moneter Internasional berdasarkan sebuah perjanjian yang dimilikinya dengan negara-negara Amerika Latin -- meskipun pihaknya akan lebih suka Christine Lagarde dari Prancis.

Saham Spanyol di Dana Moneter Internasional (IMF) satu kursi dengan Meksiko, Venezuela dan empat negara-negara Amerika Tengah yang lebih kecil, kata Menteri Keuangan Elena Salgado.

Sebagai akibat dari aliansi, jika salah satu negara yang berbagi kursi mangajukan calon, yang lain harus memilih orang itu, katanya, sekalipun jika Spanyol merupakan 35 persen dari suara di antara negara-negara tersebut.

Tapi "posisi Spanyol adalah bahwa Menteri Perancis (Menteri Keuangan Lagarde) adalah seorang calon yang sangat baik dan itu adalah dia yang kita ingin lihat di pos (IMF)."

Carstens, 52, Gubernur Bank of Mexico (bank sentral Meksiko) dan mantan menteri keuangan Meksiko, merupakan kandidat yang dideklarasikan untuk pos direktur pelaksana IMF yang dikosongkan oleh Dominique Strauss-Kahn setelah orang Prancis itu ditangkap dan didakwa dengan berusaha melakukan perkosaan di New York.

Dia akan menghadapi Lagarde, yang memiliki dukungan dari negara-negara Eropa yang besar.

Secara tradisional jabatan ketua IMF selalu di tempati orang Eropa sementara Presiden Bank Dunia ditempati orang dari Amerika Serikat.

Tapi dalam sebuah wawancara dengan harian Spanyol, El Pais, dan jurnal ekonomi Expansion pada Selasa, Carstens mengatakan kesulitan euro saat ini menggambarkan bahwa "Eropa tidak membutuhkan seorang Eropa di IMF tetapi solusi".

"Saya berani mengatakan bahwa hal itu mungkin akan lebih tepat untuk dimiliki non-Eropa karena satu set pandangan baru bisa melihat pada masalah-masalah Eropa lebih obyektif, terutama jika itu seseorang berpengalaman, yang datang dengan sebuah rencana tindakan yang mungkin sedikit lebih keras tetapi juga lebih realistis," kata Carstens, demikian AFP melaporkan. (A026/K004)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2011