London (ANTARA News) - Pangeran Inggris William Selasa mendukung Asosiasi Sepak Bola Inggris dan Skotlandia yang meminta agar pemilihan ketua FIFA Rabu dibatalkan, demikian diumumkan di Istana St James. 

Pangeran yang baru menikah itu, yang juga merupakan ketua Asosiasi Sepak Bola Inggris (FA), mengimbau agar organisasi sepak bola dunia yang lagi dililit masalah itu lebih mengedepankan "transparansi" dalam perjuangan mereka mengatasi korupsi, kata juru bicara Istana. 

Berdasar pernyataan dari Istana, Pangeran "sepenuhnya mendukung"  ketua (FA Inggris) dan inisiatif FA itu mendapat rekomendasi dari Pangeran. 

"Ia menyatakan transparansi badan sepak bola dunia itu diperlukan  karena integral dengan kebenaran," bunyi pernyataan itu.  Kendati adanya intervensi dari Pangeran, imbauan kedua asosiasi sepak bola itu tidak mendapat dukungan penuh dari anggota lain dan penobatan Blatter sebagai ketua FIFA, Rabu, tetap berjalan sesuai dengan rencana.

Badan sepak bola Inggris dan Skotlandia sebelumnya mengatakan, pemilihan ketua FIFA itu sudah tidak layak dilanjutkan karena dugaan korupsi yang melanda dan menggoyang organisasi itu. 

Ketua FA Inggris David Bernstein, yang sebelumnya menyatakan akan abstein dari pemilihan itu, mengatakan sidang pemilihan ketua FIFA sebaiknya ditunda agar ada kesempatan bagi calon lain untuk bersaing dengan ketua imkumben Blatter.  
(A008/A011)



Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2011