Yogyakarta (ANTARA News) - Sebanyak 150 seniman dengan mengenakan berbagai macam kostum yang mencerminkan atmosfer kehidupan Yogyakarta ditampilkan di sepanjang Malioboro dalam "performance art" sebelum pembukaan Festival Kesenian Yogyakarta XXIII.

"Biasanya, untuk pembukaan Festival Kesenian Yogyakarta (FKY) dilakukan dengan pawai atau karnaval, tetapi untuk tahun ini, diganti dengan `performance art` sebagai pra pembukaan FKY," kata Ketua III FKY XXIII Ryan Budi Nuryanto di Yogyakarta, Sabtu.

Berbagai karakter dimainkan oleh lebih dari 100 seniman dalam "performance art" tersebut di antaranya adalah tokoh Punakawan, berbagai jenis tumbuhan dan hewan, masyarakat umum, serta berbagai kesenian tradisional seperti jathilan yang dimainkan oleh perempuan.

Seniman-seniman tersebut mengawali "performance art" dari depan Hotel Inna Garuda hingga ke Benteng Vredeburg Yogyakarta dengan berjalan kaki dan berhenti di sejumlah titik, seperti Gedung DPRD DIY, Malioboro Mall, Kepatihan dan Pasar Beringharjo.

Selain itu, tampil pula dua artis yang sudah cukup dikenal oleh masyarakat yaitu Tio Pakusadewo dan Titi Sjuman.

"Kebetulan, keduanya tengah menjalani syuting di Yogyakarta, sehingga kami pun minta mereka untuk mengikuti `performance art` ini, dan keduanya setuju," katanya.

Melalui kegiatan tersebut, Ryan berharap, seniman dapat mengekspresikan kecintaannya pada seni di FKY sekaligus menjadi ajang yang baik dalam melakukan promosi kegiatan tahunan tersebut.

Selain melalui "performance art", Ryan mengatakan, kegiatan promosi FKY XXIII tersebut dilakukan dengan pemasangan sejumlah instalasi seni di lokasi strategis seperti Bandara Adi Sutjipto, Stasiun Tugu dan juga di Malioboro serta 40 simpang empat lain yang tersebar di Yogyakarta.

Kegiatan FKY sendiri akan mulai dilakukan pada 20 Juni hingga 5 Juli, di antaranya adalah pasar seni yang akan menampilkan berbagai produk kerajinan.

"Secara resmi, FKY XXIII rencananya akan dibuka secara langsung oleh Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono (HB) X pada 25 Juni," katanya.(*)
(E013/Z003)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2011