London (ANTARA News) - Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI George Toisutta mengatakan Indonesia senantiasa berpartisipasi aktif dalam misi-misi perdamaian yang beroperasi dalam kerangka PBB sesuai dengan amanat konstitusi.

Hal itu disampaikan Jenderal TNI George Toisutta, saat bertemu rekannya KSAD Italia Jenderal Giuseppe Valotto di Markas Besar Angkatan Darat Italia di Roma, Senin.

KSAD RI melakukan kunjungan kerja ke Italia guna memenuhi undangan mitranya di Markas Besar Angkatan Darat Italia di Roma, demikian Minister Counsellor Pensosbud KBRI Roma, Musurifun Lajawa dalam keterangan yang diterima Antara London, Selasa.

Menurut Musurifun Lajawa, prosesi kunjungan KSAD ke Markas Besar Angkatan Darat Italia berlangsung secara kemiliteran diawali dengan pengumandangan lagu kebangsaan Indonesia Raya dan kebangsaan Italia oleh Korps Musik Angkatan Darat Italia.

Dalam prosesi kunjungan, Jenderal TNI George Toisutta juga melakukan pemeriksaan barisan kehormatan Angkatan Darat Italia,

Rangkaian pembicaraan KSAD RI dengan Jenderal Guiseppe Valotto diawali dengan pertemuan yang bersifat terbatas hanya antara keduanya.

Jenderal Valotto menyampaikan, antara lain, terima kasih dan penghargaan kepada TNI atas pertisipasi pasukan Indonesia dalam jumlah yang cukup banyak di UNIFIL.

Jenderal Valotto juga menyampaikan harapan sekiranya Indonesia dapat berpartisipasi pada misi-misi perdamaian lain.

Pada kesempatan yang sama, KSAD RI juga menyampaikan sejumlah hal, antara lain, bahwa sesuai dengan amanat konstitusi Indonesia senantiasa berpartisipasi aktif dalam misi-misi perdamaian yang beroperasi dalam kerangka PBB.

Dalam kaitannya dengan UNIFIL, KSAD menyampaikan kontingen TNI yang sekarang berada di UNIFIL merupakan kontingen ke empat.

Dikatakannya keikutsertaan pasukan TNI pada UNIFIL, telah banyak manfaat dan pengalaman berguna yang diperoleh pasukan TNI.

Secara khusus, KSAD RI menyampaikan belasungkawa atas tewasnya enam pasukan Italia di UNIFIL dalam insiden yang terjadi pada tanggal 2 Mei lalu.

Kepada Jenderal Guiseppe Valotto, KASAD menyampaikan bahwa tujuan utama dari kunjungannya ke Italia adalah untuk mempererat hubungan RI-Italia, khususnya di kerjasama militer, mengingat pengalaman yang dimiliki Italia dalam operasi darat diberbagai wilayah.

Dalam kunjungan tersebut, KSAD dan jajarannya juga melakukan exchange of knowledge dengan Jenderal Valotto yang juga didampingi sejumlah perwira tinggi AD Italia.

Meskipun prosesi kunjungan berlangsung secara penuh kemiliteran, pertemuan antara KSAD dan jajarannya dengan Jenderal Guiseppe dan jajarannya berlangsung dalam suasana sangat kekeluargaan.

Turut dalam kunjungan KSAD ke Italia adalah Asrena KSAD Mayjen TNI Mulhim Asyrof, Koorsahli KSAD Mayjen TNI Hatta Syafrudin, Dapuspenerbad Brigjen TNI Mochamad Wachju Rijanto, Wadanpussenarmed Kodiklat TNI AD Kolonel Arm. Aris Setiabudi, Paban V/Hublu Spamad Kolonel Inf. Afanti Side Uloli dan Athan RI Paris Kol. Pnb. Erwin Buana Utama. (ZG/B012/K004)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2011