Jumat, 22 Agustus 2014

Pemkot Tasikmalaya Canangkan Gerakan "Cinta Sungai"

Rabu, 8 Juni 2011 09:24 WIB | 2.722 Views
Tasikmalaya (ANTARA News) - Pemerintah Kota (Pemkot) Tasikmalaya, Jawa Barat, mencanangkan gerakan "Cinta Sungai" agar tetap bersih dari berbagai sampah sehingga tercipta kelestarian lingkungan yang asri.

"Jangan hanya pembicaraan saja tapi kita aplikasikan dengan gerakan cinta sungai," kata Wakil Walikota Tasikmalaya, Dede Sudrajat, dalam siaran persnya melalui Bagian Humas, Rabu.

Gerakan Cinta Sungai, kata Dede, mengagendakan kegiatan pembersihan sungai yang melintasi kawasan Kota Tasikmalaya setiap bulan.

Membersihkan aliran sungai, masih kata Dede, akan melibatkan masyarakat setempat, aparat pemerintahan tingkatan kelurahan, kecamatan, dan kantor lingkungan hidup, ditambah bantuan dari aparat keamanan unsur TNI Polri setempat.

"Kita akan melaksanakan pembersihan sungai sebulan sekali dengan melibatkan pihak RT/RW setempat," katanya.

Tindakan membersihkan aliran sungai itu, diterangkan Dede, termasuk mengangkat material lumpur dan sampah yang menyebabkan sungai kotor serta menghambat aliran sungai.

Bukan hanya membersihkan sungai, Pemkot Tasikmalaya juga akan melakukan penanaman pohon sepanjang pinggiran sungai sehingga lingkungan terlihat lebih nyaman dan segar.

Selanjutnya, Pemkot Tasikmalaya melakukan sosialisasi kepada masyarakat agar sungai jangan dijadikan tempat akhir membuang sampah.

"Saya juga berpesan sungai jangan dijadikan solusi untuk membuang sampah karena sungai sangat berperan besar untuk kelestarian lingkungan," demikian Dede Sudrajat.

(ANTARA)

Editor: Ella Syafputri

COPYRIGHT © 2011

Komentar Pembaca
Top News
Baca Juga