Pancasila itu merupakan lambang Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) yang didalamnya memberikan ajaran tuntunan dan teladan hidup bagi bangsa Indonesia.
Karanganyar (ANTARA News) - Pendidikan Pancasila sekarang ini memang sudah saatnya dimasukan kembali dalam kurikulum pendidikan dan harus menjadi mata pelajaran wajib serta diajarkan di semua jenjang sekolah sampai perguruan tinggi.

"Saya sangat setuju dan mendukung kebijakan Menteri Pendidikan Nasional Muhammad Nuh untuk memasukan kembali Pancasila dalam korikulum penidikan. Namun demikian pendikan Pancasila ini jangan hanya menjadi mata pelajaran tambahan, tetapi harus wajib dan diberikan seluruh jenjang sekolah sampai perguruan tinggi," kata Bupati Karanganyar Rina Iriani SR di Karanganyar, Kamis.

Melalui pendidikan Pancasila yang diajarkan disemua jenjang sekolah sampai perguruan tinggi, diharapkan kepada generasi muda bangsa ini akan bisa memahami tentang kehidupan bernegara dan hidup rukun berdampingan semuanya.

"Pancasila itu merupakan lambang Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) yang didalamnya memberikan ajaran tuntunan dan teladan hidup bagi bangsa Indonesia, dan ini apabila bisa diterapkan dalam kehidupan sehari-hari negara ini akan damai dan tentram," katanya.

Masuknya Pancasila dalam korikulum lebih cepat akan lebih baik. "Ya kalau bisa Pancasila itu masuk kurikulum pendidikan dalam tahun ajaran 2011/2012," kata Bupati Karanganyar.

(ANTARA)

Editor: Ella Syafputri
Copyright © ANTARA 2011