Jakarta (ANTARA News) - Ketua DPR RI Marzuki Alie menegaskan, langkah Sekretaris Jenderal Partai Golkar Idrus Marham mundur dari DPR sebagai langkah yang baik dan perlu ditiru oleh politikus lainnya.

"Saya tidak tahu apakah langkah Idrus adalah respons dari ceramah saya di Bali bahwa parpol harus mengambil tanggung jawab terhadap persoalan di DPR. Tapi intinya kita harus berikan apresiasi kepada Pak Idrus," kata Marzuki saat menerima surat pengunduran diri dan pamitan Idrus di Gedung DPR/MPR di Senayan Jakarta, Kamis.

Menurut Marzuki, peran pimpinan DPR membenahi mekanisme di parlemen memerlukan dukungan parpol. Langkah Idrus merupakan jawaban keinginan pimpinan DPR itu. Marzuki kembali menyinggung masalah muka baru anggota DPR yang mencapai 70 persen.

Awalnya, masyarakat berharap kehadiran mereka membawa perubahan, namun nyatanya malah membawa masalah akibat sistem rekrutmen partai dan DPR.

"Partai harus menyiapkan pengkaderannya. Kalau tidak disiapkan dengan baik, maka yang masuk ke Senayan itu akan menimbulkan masalah," katanya.

Sekretaris Jenderal Partai Golkar Idrus Marham secara resmi menyerahkan surat pengunduran dirinya ke Ketua DPR, Marzuki Alie, sekaligus berpamitan untuk selanjutnya fokus pada tugas-tugasnya di partai.(*)

S023/S024

Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2011