Jakarta (ANTARA News) - Sekretaris Jenderal Dewan Pimpinan Pusat Partai Golkar Idrus Marham mengatakan idealnya setiap ketua umum partai adalah juga calon presiden yang diusung oleh partai itu.

"Idealnya ketua umum itu calon presiden dari partainya," kata Idrus usai berpamitan kepada Ketua DPR Marzuki Alie di gedung Parlemen Senayan Jakarta, Kamis.

Hal tersebut disampaikan Idrus menanggapi pertanyaan apakah mundurnya itu untuk berkonsentrasi bagi pencalonan ketua DPP PG Aburizal bakrie sebagai capres 2014.

Idrus menjelaskan bahwa untuk Partai Golkar penentuan calon presiden didasarkan juga oleh hasil penerimaan masyarakat dan aksetabilitas yang bisa diketahui dari hasil survei.

"Yang jelas saya akan fokuskan perhatian untuk melakukan tugas-tugas saya di partai sebagai sekretaris jenderal," kata Idrus.

Sementara ketua DPR Marzuki Alie mengaku bisa memahami langkah mundur yang dilakukan oleh Idrus Marham.

"Langkah Partai Golkar ini posistif dan harus diapresiasi," kata Marzuki.

Lebih lanjut Marzuki menjelaskan Partai Demokrat memiliki direktur eksekutif yang menjalankan kegiatan administratif dan roda partai sehingga pimpinan partai tidak terlalu banyak dibebani menjalankan tugas lain.

"Kalau saya dulu saat menjadi Sekjen memang mengerjakan sendiri semuanya," kata Marzuki.(*)

ANT

Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2011