Yogyakarta (ANTARA News) - Kebun Raya dan Kebun Binatang Gembira Loka menyiapkan dua unit perahu katamaran sebagai atraksi wisata baru pada libur panjang.

"Kami sudah melakukan pemesanan sejak dua bulan lalu. Tetapi baru selesai satu unit, dan sisanya masih menunggu," kata Direktur Kebun Raya dan Kebun Binatang (KRKB) Gembira Loka Joko Tirtono di Yogyakarta, Sabtu.

Menurut dia, salah satu perahu katamaran atau perahu berlambung dua tersebut sudah akan dijalankan pada Minggu (12/6) dengan tiket seharga Rp10.000 per orang.

Kapal tersebut akan dijalankan dengan rute dua kolam di Gembira Loka, dan satu kali perjalanan akan menempuh rute sepanjang satu kilometer dalam waktu 15-20 menit.

Pengadaan satu unit kapal katamaran yang berkapasitas sebanyak 45 orang tersebut menelan dana sebesar Rp500 juta.

Selain kapal katamaran, pengelola Gembira Loka juga terus melakukan perbaikan terhadap wahana Mayang Tirta di tengah kolam utama yang rusak akibat gempa.

"Diharapkan, Juli sudah bisa selesai. Fungsinya pun akan ditingkatkan, tidak hanya ruang pamer saja," kata Joko.

Mayang Tirta, lanjut dia, akan digunakan sebagai ruang pertemuan, restoran dan juga panggung hiburan.

"Perbaikan ini dilakukan untuk menghadapi libur lebaran karena biasanya pengunjung yang datang cukup banyak," katanya.

Sementara itu, pada 2012, Gembira Loka juga akan membangun taman burung serta kereta keliling kebung binatang tersebut.

Joko menyebutkan, waktu efektif bagi Gembira Loka untuk menggaet pengunjung sebanyak-banyaknya adalah hanya dalam waktu 90 hari selama satu tahun, yaitu pada saat libur.

"Gembira Loka juga sangat tergantung dari penjualan tiket sebagai pendapatan, karenanya waktu efektif itu harus dimaksimalkan," katanya. (E013/K004)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2011