Rabu, 26 Juli 2017

Samsung akan Geser Nokia

| 6.161 Views
Samsung akan Geser Nokia
Samsung (ANTARA News)
Jakarta (ANTARA News) - Berakhir sudah masa kepemipinan Nokia sebagai vendor yang merajai dunia ponsel pintar selama 14 tahun terakhir karena Samsung Electronics Co Ltd akan menggantikan posisinya pada kuartal ini.

Hal itu dikatakan seorang analisis Nomura pada Senin, pada kuartal mendatang Nomura melihat Apple Inc juga akan menggeser Nokia dari peringkat ketiga.

"Pada 1996, Nokia meluncurkan Communicator yang menandai kepemimpinannya dalam pasar ponsel pintar. Setelah berkuasa selama 14 tahun, Nokia tampaknya akan melepaskan mahkota ponsel pintarnya," kata analis Nomura dalam sebuah catatan penelitian.

Nokia telah kalah dalam segmen pasar ponsel pintar dari iPhone Apple dan perangkat Android Google Inc, dan pada segmen low-end, Nokia dihadapkan permasalahan baru dengan maraknya ponsel-ponsel Asia yang berkembang pesat.

Secara keseluruhan, Nokia masih lebih banyak membuat ponsel dari pada Samsung karena Nokia memiliki pondasi ponsel yang kuat dan jaringan distribusi yang lebih luas di negara-negara berkembang.

Perusahaan itu (Nokia) beralih ke perangkat lunak Microsoft Corp dari platform Symbian sendiri sebagai bagian dari perombakan bisnis yang ditetapkan CEO baru Nokia Stephen Elop pada Februari.

Pada 31 Mei, Nokia menunda pertemuan membahas target pencapaian hanya beberapa minggu setelah menetapkannya, dan menimbulkan spekulasi apakah bos baru itu dapat membuktikan janjinya, demikian dikutip dari Reuters.

(Adm/S026)

Penerjemah: Adam Rizallulhaq

Editor: Suryanto

COPYRIGHT © ANTARA 2011

Komentar Pembaca