Sabtu, 30 Agustus 2014

Militer RI-Filipina Sepakat Tingkatkan Pengamanan Perbatasan

Selasa, 14 Juni 2011 19:26 WIB | 2.754 Views
Jakarta (ANTARA News) - Militer Indonesia dan Filipina sepakat untuk meningkatkan pengamanan wilayah perbatasan negara, terutama perbatasan laut melalui patroli terkoordinasi.

Patroli terkoordinasi yang dilakukan angkatan laut kedua negara, merupakan bagian dari kerja sama militer kedua pihak yang telah berjalan baik selama ini, kata juru bicara TNI Laksamana Muda TNI Iskandar Sitompul usai menghadiri pertemuan Panglima TNI Agus Suhartono dengan Panglima Angkatan Bersenjata Filipina Jenderal Eduardo San Lorenzo Oban di Jakarta, Selasa.

Dalam pertemuan tertutup di Markas Besar TNI itu, kedua petinggi militer itu menmbahas kerja sama militer yang telah berlangsung selama ini, baik di bidang pendidikan dan latihan maupun operasi khususnya patroli terkoordinasi di perairan perbatasan kedua negara, kata Laksamana Muda Iskandar Sitompul .

Tak hanya itu, pertemuan juga membahas keterlibatan militer dalam penanganan korban bencana alam yang sering terjadi di negara masing-masing.

Pada akhir pertemuan, kedua Panglima Angkatan bersenjata bersepakat untuk melanjutkan dan meningkatkan program kerja sama militer berupa pertukaran kunjungan, pendidikan dan latihan serta "Service to Service" (Army, Navy and Air Force) Talk atau "Armed Forces to Armed Forces Talk".

Setelah pertemuan tersebut, Panglima Angkatan Bersenjata Filipina didampingi Panglima TNI melanjutkan kunjungan kehormatan ke Menteri Pertahanan Purnomo Yusgiantoro di Kementerian Pertahanan.

Jenderal Oban juga dijadwalkan mengunjungi PT. Pindad dan PT. DI di Bandung.(*)
(T.R018/A011)

Editor: Ruslan Burhani

COPYRIGHT © 2011

Komentar Pembaca
Baca Juga