Jenewa (ANTARA News) - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono melakukan pertemuan dengan Direktur Jenderal Organisasi Perdagangan Dunia (WTO) Pascal Lamy beberapa saat sebelum bertolak ke Jepang.

Pertemuan itu dilakukan di Bandara Cointrin, Jenewa, Swiss, Rabu siang waktu setempat.

Pascal Lamy baru saja tiba di Swiss setelah mengikuti rangkaian Sidang Forum Ekonomi Dunia Asia Timur (WEF-EA) di Indonesia.

Dalam kunjungan kehormatan Pascal Lamy yang berlangsung lebih kurang 30 menit dan tertutup itu, terbuka peluang membahas mengenai komitmen Indonesia dalam mendorong keberhasilan Putaran Doha.

Sebelum menerima kunjungan kehormatan Pascal Lamy, Presiden terlebih dahulu menerima kunjungan kehormatan tiga pimpinan organisiasi Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB) yang bermarkas di Jenewa, di Hotel Intercontinental.

Ketiganya adalah  Direktur Jenderal Kantor PBB di Jenewa atau United Nations Office at Geneva (UNOG), Kassym-Jomart Tokayev, Direktur Jenderal Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) Margaret Chan dan Utusan Khusus Sekjen PBB untuk Pengurangan Risiko Bencana Margareta Wahistrom.

Menurut Staf Khusus Presiden bidang Luar Negeri Teuku Faizasyah, pertemuan dengan Dirjen WHO membahas pelaksanaan Tujuan Pembangunan Milenium (MDGs).

Seusai pertemuan, Presiden akan ke Jepang untuk kunjungan kenegaraan, 16-18 Juni, guna bertemu dengan Kaisar Jepang, Perdana Menteri Jepang, memberikan `presidential lecture" dan memberikan bantuan kepada korban bencana gempa dan tsunami Jepang Maret lalu.(*)
G003*F008/E001

Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2011