Saat ini kami masih kesulitan untuk memenuhi kebutuhan air bersih bagi warga, sehingga ini lebih kami prioritaskan. Sedangkan untuk penyiraman bibit pohon yang sudah ditaman kami biarkan mengikuti alam saja.
Sleman (ANTARA News) - Dinas Pertanian, Perikanan dan Kehuatan Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta kesulitan melakukan penyiraman bibit pohon yang ditanam di lereng Gunung Merapi yang terancam mati akibat kekeringan.

"Kami tidak mungkin melakukan penyiraman jutaan bibit pohon yang ditanam di lereng Gunung Merapi ini, sehingga kami biarkan sesaui kehendak alam saja, biarkan tanaman tersebut mengikuti alam," kata Kepala Dinas Pertanian, Perikanan dan Kehutanan (DPPK) Kabupaten Sleman Riyadi Martoyo, Jumat.

Menurut dia, kendala yang dihadapi untuk melakukan penyiraman bibit pohon tersebut adalah masalah penyediaan air.

"Saat ini kami masih kesulitan untuk memenuhi kebutuhan air bersih bagi warga, sehingga ini lebih kami prioritaskan. Sedangkan untuk penyiraman bibit pohon yang sudah ditaman kami biarkan mengikuti alam saja," katanya.

Ia mengatakan, untuk bibit pohon yang ditanam sekitar satu bulan yang lalu memang dengan kondisi saat ini yang sudah tidak pernah turun hujan sulit untuk bertahan hidup.

"Namun bibit yang ditanam sejak beberapa bulan lalu atau pada awal tahun saat ini sudah mulai tumbuh dan diharapkan dapat bertahan selama musim kemarau ini," katanya.

Riyadi mengatakan, pihaknya juga berterimakasih dengan kepada pihak-pihak yang telah memberikan kepedulian terhadap upaya kelangsungan hidup bibit pohon di lereng Merapi tersebut.

"Memang saat ini banyak donatur dan relawan seperti dari Tim Penghijauan Lereng Merapi maupun Korsosium Penghijauan Area Lereng Merapi yang melakukan kegiatan penyelamatan tanaman dengan penyiraman dan infusisasi bibit pohon," katanya.

Ia mengatakan, pihaknya saat ini juga banyak menerima permohonan bantuan bibit pohon untuk ditanam dim lereng Gunung Merapi, namun hal tersebut tidak bisa dipenuhi karena saat ini bukan waktu yang tepat untuk menanam bibit pohon.

"Penamanan bibit pohon ini idealnya dapat dilakukan lagi saat muali musim hujan atau sekitar November dan Desember, saat ini kegiatan penanaman pohon lebih baik ditunda dulu karena akan mubazir, meskipun memang maksudnya baik untuk menghijaukan kembali lereng Merapi," katanya.

(ANTARA)

Editor: Ella Syafputri
Copyright © ANTARA 2011