Melbourne (ANTARA News) - Seorang guru di Melbourne, Australia yang melakukan hubungan seks dengan seorang siswi yang berusia 16 tahun di lingkungan sekolah telah dijebloskan ke dalam penjara.

Peter Lee (41) berhubungan seks dengan siswi di dalam ruangan di sekolah tinggi di pinggiran kota Melbourne, di rumahnya, di dalam mobil dan di rumah beberapa temannya, selama sembilan bulan.

Berbulan-bulan sebelum pelanggarannya dimulai, Lee --ayah dua anak-- memberi sedikit alkohol kepada gadis remaja tersebut di sekolah ketika siswi itu menghadapi masalah pribadi, demikian keterangan di Victorian County Court, Jumat.

Sekolah tersebut menskors Lee selama tiga hari karena memasukkan alkohol ke sekolah untuk murid tersebut.

Hakim Mark Dean mengatakan Lee merawat gadis remaja itu sebelum melakukan pelanggaran susila dan telah menyalahgunakan posisinya sebagai orang yang dipercaya.

"Tindakan egoismu yang dilakukan untuk kepuasan psikologis dan fisikmu sendiri harus dicela oleh pengadilan ini," katanya.

"Saya tak ragu masyarakat akan menganggap pelanggaranmu dengan cara yang sangat serius," kata hakim tersebut.

Hakim Dean mengatakan kesalahan moral Lee sangat besar.

Tapi Hakim Dean mengatakan Lee menyesali perbuatannya dan prospek rehabilitasinya positif.

Gadis remaja itu menyampaikan dukungan buat Lee di dalam pernyataannya sebagai korban, tapi kedua orang tuanya mengatakan pelanggaran tersebut telah merusak keluarga mereka.

Lee, dari Carlton, mengakui kesalahan atas empat dakwaan melakukan hubungan seks dengan seorang anak yang berusia 16 tahun dan berada di bawah wewenang, pengawasan dan perawatannya.

Hakim Dean menjatuhkan hukuman tiga tahun penjara atas Lee dan memerintahkan ia menjalani 21 bulan sebelum dinyatakan layak untuk mendapat pembebasan bersyarat.

Saat Hakim Dean selesai membacakan vonisnya, seorang perempuan muda bergegas ke luar ruang pengadilan dan menyumpahi Lee serta mengatakan pria itu pantas dijatuhi hukuman lebih lama lagi.
(*)

Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2011