Muko Muko, Bengkulu (ANTARA News) - Balai Latihan Kerja Provinsi Bengkulu membuka bursa kerja online bagi pencari kerja di daerah itu yang sudah memiliki keterampilan dan kualifikasi.

"Mulai tahun ini warga yang sudah lulus dan dapat sertifikasi dari Balai lapangan kerja akan diperkenalkan melalui bursa kerja online," kata Kepala Balai Latihan Kerja Provinsi Bengkulu, Mustakim Siagian di Muko Muko, Sabtu.

Dia mengatakan dengan memperkenalkan tenaga kerja yang memiliki keterampilan dari daerah ini, memberikan kesempatan bagi perusahaan untuk mendapatkan tenaga kerja yang dibutuhkan sesuai kualifikasi kerja.

Perusahaan, kata dia, tidak perlu lagi susah mencari tenaga yang dibutuhkan sesuai dengan keinginan, sebab dengan mengakses bursa kerja online mereka bisa memilih kualifikasi bidang yang dibutuhkan.

Selain itu, bursa kerja online yang dibuka di daerah ini langsung terkoneksi dengan bursa kerja secara nasional di bawah Kementerian Tenaga Kerja, sehingga besar peluang tenaga kerja dipromosikan di tingkat nasional.

"Kami berharap dengan terbukanya program baru ini bisa memberikan kesempatan kepada lulusan pelatihan di BLK untuk diterima bekerja di perusahaan," katanya.

Sementara itu, sejumlah tenaga kerja yang dilatih dari BLK Kabupaten Muko Muko juga bisa ikut diperkenalkan dalam bursa kerja online dengan keterampilan dan kualifikasi kerja yang diberikan.

"Semua BLK di daerah ini bisa mensosialisasikan bursa kerja online sebagai wadah tenaga kerja untuk mencari peluang dan kesempatan kerja," kata dia lagi.

Ia menjelaskan, di Kabupaten Muko Muko telah berdiri sejumlah perusahaan yang bergerak di bidang perkebunan dan pabrik kelapa sawit yang bisa membuka kesempatan kerja bagi lulusan dari BLK daerah ini.

"BLK bisa bekerja sama dengan perusahaan terkait kualifikasi yang dibutuhkan supaya bisa diterima bekerja di perusahaan tersebut," katanya.

Sementara Bupati Muko Muko Ichwan Yunus mengatakan, pernah mengirimkan 50 tenaga kerja untuk magang di perusahaan perkebunan tetapi semuanya tidak tahan dan akhirnya keluar dari perusahaan.

"Ke depan kita berharap dengan BLK tenaga kerja bisa lebih disiplin dalam bekerja supaya bisa diterima menjadi tenaga di perusahaan di daerah ini," ujarnya.

(T.KR-FTO/B/N005/N005) (ANTARA)

Editor: Ella Syafputri
Copyright © ANTARA 2011