Pemerintah pusat, pemerintah daerah maupun sponsor harus peran dalam mensukseskan kegiatan ini. Kami berharap untuk pembukaan dan penutupan semua biaya ditanggung sponsor
Palembang (ANTARA News) - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Andi Mallarangeng berharap pembiayaan SEA Games 2011 selain dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) juga berasal dari sponsor.

"Anggaran dari APBN 2011 sudah tidak bisa meski masih ada APBNP karena baru bisa cair bulan September. Makanya berharap pada sponsor," kata Andi di sela rakor SEA Games 2011, di Palembang, Senin.

Menurut dia, anggaran yang dibutuhkan untuk SEA Games 2011 memang cukup besar yaitu lebih dari Rp2 triliun. Hanya saja anggaran itu tidak semua bisa dipenuhi oleh anggaran dari pemerintah.

Untuk itu, kata dia, diperlukan dukungan penuh dari sponsor agar event olahraga terbesar di Asia Tenggara itu di Tanah Air bisa berjalan sesuai dengan harapan.

"Pemerintah pusat, pemerintah daerah maupun sponsor harus peran dalam mensukseskan kegiatan ini. Kami berharap untuk pembukaan dan penutupan semua biaya ditanggung sponsor," katanya menambahkan.

Pembiayaan SEA Games di Jakarta dan Palembang memang membutuhkan dana yang besar terutama untuk di Palembang karena harus membangun banyak lokasi pertandingan baru.

Biaya yang dianggarkan untuk pembangunan dan renovasi serta kebutuhan pendukungnya di Palembang mencapai Rp738 miliar. Dari jumlah itu hanyak Rp250 miliar yang dimintakan pada pemerintah pusat.

"Hingga saat ini pembicaraan masalah dana terus kami lakukan. Jika nantinya tidak lolos maka kami akan carikan pos lain termasuk melalui sponsor," kata Gubernur Sumatra Selatan Alex Nurdin.

Menurut dia, meski hingga saat ini dana belum maksimal pihaknya optimistis persiapan SEA Games 2011 berjalan sesuai dengan yang telah dijadwalkan. Khusus untuk pembangunan lokasi pertandingan akan tuntas maksimal Agustus nanti.

Bahkan, kata dia, ada beberapa venues termasuk wisma atlet yang telah siap digunakan untuk tes event yang rencananya dilaksanakan Juli nanti yang diantaranya adalah cabang voli indoor.

"Semuanya berjalan dengan baik meski ada yang pembangunannya baru saja dilaksanakan," katanya menambahkan.

Palembang pada SEA Games 2011, 11-22 November berhak menggelar 22 pertandingan dari 43 cabang olahraga yang dipertandingkan dan sisanya dilaksanakan di Jakarta. Pertandingan itu akan dipusatkan di Jakabaring Sport City Palembang.

(ANTARA)

Editor: Ella Syafputri
Copyright © ANTARA 2011