Rio de Janeiro (ANTARA News) - Seorang pria Amerika yang dituduh pedofilia di Amerika Serikat dan dicari oleh Interpol selama 12 tahun terakhir telah ditangkap di Rio de Janeiro, kata kepolisian federal Brasil, Selasa.

Kenneth Andrew Craig, 42 tahun, dituduh melakukan pelecehan seksual terhadap dua remaja laki-laki di Florida pada 1998 dan memfilmkan insiden tersebut, menurut informasi Interpol.

Craig tak muncul pada sidang pengadilan pada 1999 dan tidak terlihat sejak itu. Interpol menduga bahwa dia bersembunyi di Brazil atau Kosta Rika.

Menurut pejabat Amerika, Craig menggunakan nama palsu dan berusaha menyamar sebagai guru bahasa Inggris dan musisi. Mahkamah Agung Brasil sekarang akan memutuskan apakah Craig harus diekstradisi ke Amerika Serikat.

Walaupun Craig tidak didakwa dengan pedofilia di Brasil, dia dijebloskan ke tahanan pada 2008 di Rio setelah ibu dua anak laki-laki berusia 12 dan 17 tahun menuduhnya melakukan pelecehan. Tapi ia dilepaskan karena kurang bukti.

Pada malam Minggu, stasiun televisi Brasil Globo menayangkan kisah tentang Craig. Para pejabat Rio kemudian menawarkan hadiah 15.000 reais Brasil (9,500 dolar AS) untuk menangkapnya, dan menerima 42 sambungan-sambungan tanpa nama.
(*)

Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2011